Rayi Putra Nilai Hiphop Indonesia Belum Tembus Arus Utama

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Kamis, 05 Nov 2020 21:43 WIB
Rayi Putra di kantor detikcom.
Rayi Putra. Foto: Asep Syaifullah
Jakarta -

Selain bermusik bersama RAN, Rayi Putra juga memiliki proyek solo sebagai rapper. Ada sejumlah lagu dari proyek solonya yang sudah ia rilis, mulai dari Pretty Girl hingga Apa Kabar?.

Sebagai rapper, ia melihat musik hip hop dan rap di Indonesia semakin berkembang. Hanya saja, dia melihat, jenis musik yang ia geluti itu belum menjadi musik arus utama di Indonesia.

Dia membandingkan di negara lain, musik hip hop dan rap sudah masuk menjadi salah satu musik arus utama layaknya lagu-lagu bergenre pop.

"Secara global, hip hop adalah musik mainstream saat ini. Tapi di indonesia, keberadaan hip hop walaupun artist-nya sudah lumayan banyak dan kualitasnya banyak sekali yang oke, tapi menurut gue masih belum bisa menembus pasar mainstream seperti halnya musik pop atau ballad di indonesia," tuturnya melalui pesan yang diterima detikcom, baru-baru ini.

Melihat ada banyak musisi hip hop dan rapper yang potensial di Indonesia, Rayi Putra pun berharap jenis musik yang dia usung itu dapat lebih berkembang dan mendapatkan sorotan.

"Semoga semakin lama kualitasnya bisa semakin keren dan mendapat perhatian lebih di industri musik Indonesia," ungkap dia.

Baru-baru ini, Rayi Putra berkolaborasi dengan Cantika Abigail dalam lagu Sign. Menurut Cantika Abigail, dirinya memiliki alasan tersendiri mengapa memilih Rayi Putra untuk mengisi bagian rap dalam lagunya.

Penyanyi kelahiran 12 Juli 1993 itu memang sudah lama mengagumi karya-karya Rayi, baik yang dibuat bersama RAN maupun dalam proyek solonya.

Dia juga menuturkan keberadaan Rayi Putra dalam lagunya membuat ia kian menyukai dan semakin yakin pada lagu yang ia garap bersama Kenny Gabriel sebagai produsernya itu.

"Untuk solo project kali ini gue merasa semangat dan kepercayaan pada lagu ini karena, selain gue sudah mengalami perkembangan, gue juga menggaet Rayi Putra, seorang musisi rapper, song-writer, yang menurut gue juga sudah mengalami 10 tahun lebih karier dalam musik," tutur Cantika Abigail melalui pesan suara pada detikcom.

Personel GAC itu menambahkan Rayi Putra mampu membuat sesuatu yang disukai khalayak sekaligus tetap mempertahankan apa yang ia kehendaki dalam musik. "Di saat yang bersamaan dia menjalani proyek solo dia. Dia bisa menemukan balance di antara idealismenya dan apa yang menjual," puji Cantika.



Simak Video "Kabar Duka! Ibunda Rayi RAN Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)