Lagu-lagu Hits The Strokes Bikin Julian Casablancas Bosan

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Senin, 02 Nov 2020 09:21 WIB
The Strokes
Foto: Instagram The Strokes
Jakarta -

Pentolan grup musik The Strokes, Julian Casablancas, mengaku jenuh memainkan lagu-lagu lama yang menjadi hits dari bandnya. Menurut dia, bila sebuah lagu terlalu sering dibawakan, ia menjadi kehilangan rasa saat menyanyikannya.

"Ketika kamu tumbuh dewasa dan membayangkan bermain musik, hal itu kamu lakukan untuk kesenangan. Tapi ada satu aspek ketika kamu menyadari kamu melakukannya sebagai pekerja," ujar dia dikutip dari wawancara dengan The Times, Senin (2/11/2020).

Dia menambahkan, "Bagian yang menyedihkan adalah ketika kamu tidak pernah membayangkan ketika kamu memainkan sebuah lagu terlalu sering, kamu akan jenuh padanya."

Hal itu juga yang akhirnya melatarbelakangi keputusan The Strokes untuk beristirahat sejenak dari tampil di panggung beberapa tahun ke belakang.

"Rasanya (bermain musik) tetap menyenangkan, tapi ketika kamu mulai memainkannya dalam 30 atau 40 panggung, lagu itu tidak lagu menggerakan perasaanmu," kata Julian Casablancas.

AUSTIN, TX - MARCH 11:   Musician Julian Casablancas of The Strokes performs onstage at Samsung Galaxy Life Fest at SXSW 2016 on March 11, 2016 in Austin, Texas.  (Photo by Jonathan Leibson/Getty Images for Samsung)Lagu-lagu Hits The Strokes Bikin Julian Casablancas Bosan Foto: Jonathan Leibson/Getty Images for Samsung

Kejenuhan itu pula yang akhirnya membuatnya membentuk proyek musik sampingan The Voidz. Julian Casablancas merasa butuh untuk memainkan lagu lain agar tidak mudah bosan pada lagu-lagu The Strokes.

"Aku merasa palsu. Lebih lanjut, itulah mengapa aku bermain bersama the Voidz. Ada masa ketika aku tidak lagi peduli untuk memainkan Last Nite (salah satu lagu The Strokes paling populer)," cerita dia.

Julian Casablancas juga menambahkan, tidak peduli sebaik apa sebuah lagu, menurut dia, bila dimainkan berulang-ulang, lagu itu tidak lagi memberikan rasa yang sama bila sudah terlanjur jenuh.

"Sungguh, rasanya sama seperti mendengarkan lagu yang sama. Aku bisa jenuh pada lagu dengan cepat. Bahkan pada Moonlight Sonata dari Beethoven sekalipun, bila kamu merasa cukup mendengarnya, lama kelamaan kamu akan jenuh," jelas dia.

Di tahun ini, The Strokes kembali aktif tampil dan mereka mengeluarkan album bertajuk The New Abnormal. Sebelumnya, mereka sudah cukup lama tidak mengeluarkan album penuh.

Sebelum mengeluarkan The New Abnormal, The Strokes terakhir kali mengeluarkan album Comedown Machine (2013) tujuh tahun yang lalu.



Simak Video "Rina Gunawan Pernah Kasih Wejangan Rumah Tangga pada Eddies Adelia"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)