Akhirnya! Dipha Barus Kolaborasi Bareng Rhoma Irama di Synchronize Fest 2020

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Selasa, 20 Okt 2020 17:38 WIB
Rhoma Irama di Synchronize Fest.
Rhoma Irama saat tampil di Synchronize Fest. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta -

Mimpi Dipha Barus untuk berkolaborasi dengan Rhoma Irama akhirnya terwujud di Synchronize Fest 2020. DJ dan produser musik elektronik itu memang telah lama ingin bekerja sama dengan sang Raja Dangdut.

Hal itu diumumkan oleh pihak penyelenggara Synchronize Fest 2020 dalam konferensi pers virtual yang berlangsung pada Senin (19/10/2020).

"Sebenarnya Pak Haji (Rhoma Irama) sama Dipha (Barus) ini sudah ada ketertarikan untuk kolaborasi sejak beberapa tahun lalu. Akhirnya kami menjadi mediator," ujar David Karto selaku Festival Director Synchronize Fest 2020.

Menurut Kiki Aulia Ucup selaku Program Director dari Synchronize Fest, kolaborasi antara Rhoma Irama dan Dipha Barus akan menjadi sesuatu yang baru yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"Bagi Pak Haji Rhoma ini adalah hal yang nggak pernah dia lakuin sebelumnya untuk dia nyanyi sendiri dan sama DJ," tutur Ucup.

Sebelumnya, pada 2018 lalu, Dipha Barus pernah mengungkapkan keinginannya untuk berduet dan mendaur ulang lagu-lagu Rhoma Irama.

"Gue pengin banget (kolaborasi dengan Rhoma Irama). Sebenarnya impian gue dari dulu sih gue ingin banget nge-reimagination lagunya yang dulu banget," ujar Dipha Barus saat itu.

Ia menyambung, "Gue ingin banget kayak di otak gue, apa interpretasi gue terhadap album itu yang jaman Rhoma Irama masih rock. Itu album yang memang musiknya dia sendiri, keren banget sih album itu. Bukan remix, apa ya namanya, reanimation atau reimagination lah. Jadi suaranya tetap dia, gue menggambarkan gimana ketika pertama kali dengar."

Ditemui di tempat berbeda, tidak lama setelahnya, Rhoma Irama mengaku dirinya terbuka pada kolaborasi dengan siapa pun termasuk Dipha Barus.

Selain kolaborasi antara Dipha Barus dan Rhoma Irama, Synchronize Fest 2020 juga telah menyiapkan sejumlah kejutan lainnya, salah satunya adalah sesi karaoke membawakan soundtrack dari film-film Indonesia.

Rendra Rais dan Reza Chandika disebut akan membawakan lagu-lagu dari soundtrack film Petualangan Sherina dan Ada Apa Dengan Cinta. Sedangkan Pamungkas direncanakan untuk membawakan soundtrack dari 3 Hari Untuk Selamanya.

"Kami mencoba mengeksploitasi soundtrack film indonesia dalam format karaoke," ujar Rizki Aulia Ucup.

Selain itu penampilan reuni dari Kangen Band juga akan turut memeriahkan gelaran Synchronize Fest 2020.

"Kalau untuk sisi reuni dan nostalgia, aim-nya kan sebenarnya selebrasi, yang bikin orang merasa selebrasi itu hal yang berbau nostalgia. Sebenarnya banyak band yang masih aktif sekarang ikut tampil juga di Synchronize tapi nostalgia selalu berhasil membuat seseorang merasakan selebrasi," jelas Ucup.

"Orang rindu nonton Andika tampil bersama Doddy (personel Kangen Band). Objektif gue itu untuk meng-capture musik Indonesia," sambungnya.

Synchronize Fest 2020 akan disiarkan pada 14 November 2020 pukul 21.45 hingga 01.00 WIB di SCTV. Selain di televisi, festival musik itu juga dapat ditonton di vidio.com dan kanal YouTube Orang Tua.

Ada sejumlah bintang tamu yang telah diumumkan akan tampil, yakni Rhoma Irama, Iwan Fals, Kangen Band Reunion, Setia Band, The SIGIT, The Upstairs, Danilla, Mocca, Marion Jola dan lain-lain.



Simak Video "Tampil Beda, SynchronizeFest Bakal Tayang di Stasiun TV"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)