Wawancara Eksklusif

Nadiya Rawil Tak Ingin Terjebak di Lagu Balada

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 18 Okt 2020 20:55 WIB
Nadiya Rawil
Nadiya Rawil / Foto: (dok. Trinity Optima)
Jakarta -

Lagu terbaru dari Nadiya Rawil yang berjudul Satu di Antara Berjuta memang mengusung musik balada. Namun dia mengaku tidak ingin terjebak di satu genre saja.

Baginya, perjalanan kariernya ke depan masih panjang. Maka itu dia masih ingin mengeksplorasi berbagai jenis musik yang mungkin ia nyanyikan.

"Aku masih punya eksplorasi lain sih, ini kan lebih ke ke-ballad gitu kan, cuman nggak menutup kemungkinan untuk mencoba genre-genre lain," ujar Nadiya Rawil dalam wawancara dengan detikcom, baru-baru ini.

Nadiya Rawil mengaku sangat menikmati menyanyikan lagu bernada balada, akan tetapi ia masih ingin mempelajari banyak hal lainnya.

"Tapi aku suka sih nyanyiin lagu-lagu sedih begini. Gue suka memang suka aja melodinya lagu-lagu yang slow, lirik yang bisa bikin orang flashback, dalam penulisannya juga challenge buat gue. Karena gue nggak ingin nulis tentang pengalaman pribadi gue doang, mungkin bisa juga yang lain," cerita dia.

Mengenai proses kreatif dan inpirasinya dalam membuat lagu, Nadiya Rawil mengatakan idenya bisa datang darimana saja. Ia tidak hanya menulis lagu mengenai pengalaman personal yang ia rasakan, tapi juga cerita dari orang-orang di sekelilingnya.

Lirik kerap datang lebih dulu padanya ketimbang melodi. Akan tetapi dirinya kini sedang mempelajari bagaimana menulis lagu dengan menemukan melodi terlebih dahulu baru kemudian lirik.

"Nulis liriknya dulu, apapun yang lewat di pikiran gue, cuman gue kembangin lagi jadi lagu. Kalau dulu gue bikin liriknya dulu baru musiknya. Semenjak gue workshop ternyata prosesnya yang bisa mempermudah itu bikin melodinya dulu," tutur dia.

"Kalau nulis kan kadang kosakatanya panjang tapi dibaca enak kan yaudah, tapi kalau di lagu kan nggak bisa, kita harus mantesin sama melodinya dulu. Kalau katanya bagus tapi nggak cocok kan nggak bisa, makanya kita prefer bikin lagunya dulu, baru lirik, sebenarnya untuk memudahkan," sambung dia.

Belum lama ini, Nadiya Rawil mengeluarkan single terbaru berjudul Satu di Antara Berjuta. Lagu itu mengisahkan tentang suara hati orang ketiga dalam sebuah hubungan.

Penasaran seperti apa lagu dari Nadiya Rawil? Kalau ingin tahu sosoknya, kamu nggak boleh melewatkan acara d'Youthizen di detikcom. Sebab Nadiya Rawil akan ada di tanggal 31 Oktober 2020.



Simak Video "Cerita Inspiratif di Balik Konten-konten Kocak YouTuber Frost Diamond"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/doc)