D'MASIV Bagi Cerita Keseruan Rekaman di Abbey Road

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 11 Okt 2020 17:20 WIB
DMASIV
D'MASIV bagikan cerita seru rekaman di Abbey Road. (Foto: dok. D'MASIV)
Jakarta -

D'MASIV baru-baru ini merilis album Live Acoustic @ Abbey Road yang berisikan 11 lagu pilihan yang direkam ulang dengan aransemen baru. Album itu dirilis dalam rangka merayakan 17 tahun perjalanan karier mereka.

Seperti judulnya, seluruh lagu dalam album itu direkam di studio Abbey Road, Inggris, pada September 2019. Saat bertolak ke Inggris, ada 20 lagu yang direkam D'MASIV. Sebagian mereka aransemen ulang secara akustik, sisanya diaransemen dengan full band.

"Sebenarnya memang target kami rilis album Live Acoustic @ Abbey Road harusnya di bulan Maret (2020), tapi sudah mundur banget, bertepatan dengan D'MASIV 17 tahun. Tapi karena pandemi, terus proses editing video memakan waktu, tapi justru jadinya malah tepat setahun dari kami rekaman di sana, yaitu September 2019," ujar vokalis Rian pada detikcom, baru-baru ini.

"Mungkin karena kondisinya sudah mulai membaik, paling tidak kami bisa merilis album ini karena album ini sudah siap dari lama," sambung dia.

Band yang beranggotakan Rian Ekky Pradipta (vokal), Dwiki Aditya Marsall (gitar), Nurul Damar Ramadan (gitar), Rayyi Kurniawan Iskandar Dinata (bass), dan Wahyu Piadji (drum) itu sengaja mengaransemen ulang lagu-lagu yang mereka pilih dan menambahkan sentuhan baru dalam albumnya.

Pertimbangan dalam pemilihan lagu pun sederhana, mereka ingin lagu-lagu yang sebelumnya telah dikenal terdengar berbeda.

"Sebenarnya kan kami hits dari enam album cukup banyak, jadi kami sempat ada diskusi yang cukup panjang juga memilih lagu-lagu mana yang harus masuk. Cuman kami juga lamanya menentukan mana yang akustik, mana yang full band. Untuk album ini (akustik), kayaknya (kami pilih yang) kalau kami bawain akustik akan beda," jelas Rian.

Mereka pun memberikan sentuhan baru dalam sejumlah lagunya, misalnya pada lagu Jangan Menyerah, mereka menambahkan instrumen flute dan dambus atau lagu Pernah Memiliki yang sebelumnya dinyanyikan bersama Rossa, kini hanya diisi oleh vokal Rian saja.

Kesempatan untuk rekaman di Abbey Road datang karena D'MASIV diundang untuk tampil di pekan Indonesia di London, Inggris. Mereka memang sudah sejak 2012 memimpikan dapat merekam lagu di Abbey Road.

Tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang datang, mereka pun segera mengajukan untuk rekaman di Abbey Road. Rupanya dari pihak studio melakukan kurasi terlebih dahulu terhadap musisi yang ingin merekam lagunya di sana.

D'MASIV nyaris tidak mendapatkan slot rekaman, karena jadwal studio penuh. Beruntung ada salah satu band yang menunda rekaman mereka, sehingga D'MASIV yang telah ada di daftar tunggu akhirnya dapat rekaman di sana.

(srs/mau)