Ubah Format Jadi Virtual, Prambanan Jazz Diisi Musisi dalam Negeri

Jauh Hari Wawan S - detikHot
Jumat, 02 Okt 2020 19:04 WIB
Konferensi pers Prambanan Jazz
Prambanan Jazz. Foto: dok. Istimewa
Yogyakarta -

Prambanan Jazz Festival 2020 akan ditayangkan secara virtual langsung dari Candi Prambanan pada 31 Oktober dan 1 November 2020 mendatang. Sebagai perhelatan tahunan, Prambanan Jazz Festival tetap berupaya menggelar pertunjukan di lokasi cagar budaya Candi Prambanan di tengah pandemi COVID-19.

Penikmat Prambanan Jazz, tetap dapat menyaksikan pertunjukan di tengah-tengah keterbatasan dalam format virtual.

"Usaha keras kami akhirnya bisa membuat Prambanan Jazz Festival 2020 tetap dapat terselenggara," ujar Anas Syahrul Alimi, Founder Prambanan Jazz Festival dalam keterangannya, Kamis (1/10/2020).

Ia mengungkapkan situasi yang dihadapi saat ini sangat berbeda. Pandemi COVID-19 telah mengubah hampir seluruh lini kehidupan, tak terkecuali pelaku dan pekerja seni pertunjukan, seperti Prambanan Jazz Festival.

Rajawali Indonesia selaku promotor telah berupaya keras agar Prambanan Jazz Festival tetap dapat terselenggara secara offline dengan protokol kesehatan yang ketat. Namun, pandemi COVID-19 yang belum reda, terlebih melonjaknya angka kasus COVID-19 di Indonesia, membuat penyelenggara hanya mendapatkan izin pertunjukan secara online.

"Kami turut prihatin dengan terus melonjaknya angka kasus COVID-19, namun kami ingin tetap menghadirkan PJF 2020 di tengah keterbatasan. Dengan berat kami sampaikan kepada #PJFLovers jika PJF 2020 tidak akan hadir secara offline," tegasnya.

Menurut Anas, keputusan ini adalah langkah terbaik yang bisa ditempuh saat ini. Ia menyampaikan permohonan maaf kepada #PJFLovers karena belum bisa menggelar perhelatan secara offline.

Virtual broadcast Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 akan digarap oleh Tompi. Sedangkan untuk pengisi acara, penyelenggara mengumumkan nama musisi Tanh Air untuk tampil dalam Prambanan Jazz Virtual Festival 2020.

Sebelumnya, Prambanan Jazz 2020 memang dijadwalkan menghadirkan musisi mancanegara. Sayangnya, rencana itu urung terlaksana karena adanya pandemi COVID-19.

Pada hari pertama, Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 akan menghadirkan Tulus, Fourtwnty, Isyana Sarasvati, Joko In Berlin, Pusakata, dan Tompi.

Sementara, pada hari kedua, Andmesh, Ardhito Pramono, TheEverydayBand, Nadin Amizah, Pamungkas, Sinten Remen, dan Yura Yunita menjadi penampil perhelatan musik bergengsi ini.

Para musisi akan membawakan lagu-lagu mereka dalam jazz version. Dalam Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 akan banyak yang berbeda, tidak ada musisi atau artis dari luar negeri.

Sementara itu, Direktur Utama Rajawali Indonesia Tovic Raharja menuturkan dalam Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 ini, untuk pertama kalinya PJF menggandeng musisi asal Yogyakarta yang tergabung dalam TheEverydayBand untuk mengaransemen dan membuat lirik lagu "Ke Prambanan Jazz Lagi" sebagai lagu tema.

"Ini jadi upaya untuk terus mempromosikan Yogyakarta dan sebuah harapan untuk bisa menyaksikan Prambanan Jazz kembali secara langsung nantinya," kata Tovic.

Di Candi Prambanan hanya akan ada kru yang bertugas dan musisi atau artis yang akan dihadirkan di venue secara bergantian sesuai rundown. Tujuannya supaya tidak menimbulkan kerumunan. Pelaksanaan acara akan dilakukan dengan menerapkan standar protokol kesehatan.

"Penampil dan kru akan melakukan rapid test terlebih dulu sebelum acara dan selama pelaksanaan acara dipastikan protokol kesehatan berjalan ketat, seperti menyiapkan tempat cuci tangan dan hand sanitizer, memakai masker dan face shield, serta tidak berkerumun atau tetap menjaga jarak," terangnya.

Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 dapat disaksikan melalui platform digital iKonser; Channel iKonser UseeTV (channel 459 SD | 949 HD), iKonser Apps dan UseeTV Go.

Tiket Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 bisa dibeli secara online di www.tiketapasaja.com dan offline di Silol Kopi & Eatery, Jl. Suroto 7, Kotabaru, Yogyakarta dengan rincian harga Saturday Pass Rp 50.000 atau Saturday Pass + Official merchandise PJF (T-Shirt) Rp 100.000 serta Sunday Pass Rp 50.000 atau Sunday Pass + Official merchandise PJF (T-Shirt) Rp 100.000.

Menindaklanjuti perubahan tersebut, penyelenggara juga memberikan kemudahan bagi pemilik tiket Prambanan Jazz Festival 2020 yang sudah membeli tiket dengan memberikan pilihan refund dan non-refund.



Simak Video "Ngayogjazz 2021 Digelar Secara Virtual"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/srs)