Batal Digelar Langsung, Prambanan Jazz Beralih Jadi Konser Virtual

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Kamis, 01 Okt 2020 20:26 WIB
Gelaran musik Prambanan Jazz tahun ini menampilkan sederetan musisi terbaik dalam negeri. Tak hanya itu, ada pula penampilan spesial dari Boyz II Men juga Rick Price yang meramaikan acara. Yuk, simak penampilan mereka!
Marcell di Prambanan Jazz (Foto: Gus Mun)
Jakarta -

Prambanan Jazz Festival 2020 yang sebelumnya direncanakan untuk digelar secara langsung terpaksa mengumumkan perubahan format menyesuaikan dengan perkembangan terkini pandemi COVID-19 yang tidak kunjung berakhir.

Festival musik jazz tahunan yang selalu digelar di kawasan Candi Prambanan itu tetap akan terlaksan selama dua hari pada 31 Oktober dan 1 November 2020, hanya saja acara itu berlangsung secara virtual.

Pada mulanya, pihak panitia telah mengupayakan agar konser tetap dapat digelar dengan sejumlah pembatasan dan penyesuaian sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku. Namun rupanya rencana itu harus diurungkan karena terkendala perizinan.

"Kami akhirnya kemarin berjuang hingga titik akhir. Prinsipnya ingin hybrid, artinya (campuran) virtual dan langsung tapi tidak diizinkan juga," ungkap Founder Prambanan Jazz, Anas Alimi dalam konferensi pers virtual, Kamis (1/10/2020).

Meski demikian, Anas Alimi mengaku maklum dengan aturan yang berlaku. "Kami sangat menyadari betul konsisi sekarang betul-betul harus diperhitungkan dari segala hal termasuk risiko," sambung dia.

Walau terkendala perizinan untuk mengadakan acara secara langsung, akan tetapi menurut penyelenggara, Prambanan Jazz harus tetap berlangsung. Oleh karena itu mereka akhirnya memilih opsi pergantian format menjadi virtual.

"Prambanan Jazz tahun ini dilakukan secara virtual, kami ingin jadi penanda kami tetap ada. Paling tidak Prambanan Jazz bisa jadi obat rindu. Jadi masih ada karena masih ada penanda," kata Anas.

"Ini kami merespons kondisi yang ada, jadi ini yang kami lakukan. Prambanan Jazz tetap ada saat pandemi diadakan di venue Prambanan, dua hari, disiarkan secara live broadcast," jelasnya lagi.

Nantinya akan ada sejumlah musisi yang memeriahkan acara tersebut, di antaranya Tulus, Fourtwnty, Isyana Sarasvati, Joko in Berlin, Pusakata dan Tompi yang tampil di hari pertama.

Sedangkan Andmash Kamaleng, Ardhito Pramono, The Everyday Band, Nadin Amizah, Pamungkas, Sinten Remen, dan Yura Yunita akan mengisi gelaran hari kedua.

Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 dapat disaksikan melalui iKonser, kanal iKonser UseeTV, iKonser Apps dan UseeTV Go.

Untuk menyaksikannya, tiket dapat dibeli di tiketapasaja.com dengan harga tiket harian Rp 50 Ribu atau Rp 100 Ribu untuk paket tiket dan merchandise.

(srs/aay)