Kanye West Unggah Video Kencingi Piala Grammy

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Kamis, 17 Sep 2020 09:15 WIB
People record on their phones as Kanye West makes his first presidential campaign appearance, Sunday, July 19, 2020 in North Charleston, S.C. Rapper Kanye West, in his first event since declaring himself a presidential candidate, delivered a lengthy monologue Sunday touching on topics from abortion and religion to international trade and licensing deals. Whether hes actually seeking the nations highest office remains a question. (Lauren Petracca Ipetracca/The Post And Courier via AP)
Kanye West bikin heboh lagi. Foto: AP/Lauren Petracca Ipetracca
Jakarta -

Bukan Kanye West bila tidak melakukan sesuatu yang kontroversial. Dirinya baru-baru ini mengungkapkan, protes dan ketidakpuasannya dengan industri musik dengan mengunggah video yang mengejutkan.

Video itu berisikan sebuah piala Grammy yang diletakkan di tempat pembuangan air. Seseorang yang diduga dirinya tampak mengencingi piala dari ajang penghargaan bergengsi di dunia musik itu.

"Percayalah padaku, ini tidak akan selesai," tulisnya bersamaan dengan diunggahnya video itu pada Rabu (16/9/2020) waktu setempat.

Pada beberapa hari sebelumnya, rapper berusia 43 tahun itu sempat menyampaikan ketidakpuasannya pada industri musik dalam beberapa kicauan di akun Twitter-nya.

Menurut pelantun Stronger itu, industri musik saat ini mirip dengan perbudakan di era modern.




Dirinya juga menyerukan bahwa musisi seharusnya memiliki hak atas kepemilikan lagu-lagu yang diciptakannya.

Kanye West juga mengungkapkan, hak cipta dan hak kepemilikan lagu adalah hal yang sangat penting saat ini dan menjadi semakin penting karena adanya pandemi virus Corona.

"Seniman berhak untuk memiliki master (dari lagu) kami," tulis dia. "Seniman bisa kelaparan tanpa tur. Berikan kami master (lagu) kami, untuk semua seniman, doakan aku," sambungnya.

Dalam kicauan lainnya, dia menuliskan, "Ketika kamu menandatangani kontrak musik, kamu sekaligus menandatangani hilangnya hakmu."

Pria kelahiran 8 Juni 1977 jangan mengatakan, "Tanpa master kamu tidak bisa melakukan apapun pada musik yang kamu buat. Orang lain yang mengendalikan dimana itu dimainkan dan kapan itu dimainkan."

"Artis tidak mendapatkan apapun selain ketenaran, tur, dan merchandise," lanjut dia.

Kanye West memang salah satu musisi papan atas yang memenangkan banyak piala dari Grammy Awards sejak 2005.

Kebanyakan kemenangan itu diperoleh untuk kategori Best Rap Song, Best Rap Album, dan Best Rap Performance.

Sebagai ajang penghargaan musik tahunan, Grammy Awards memang menjadi salah satu yang paling bergengsi di kancah mancanegara.

Akan tetapi terselenggaranya Grammy Awards tidak lepas dari adanya protes dan kontroversi dari para musisi.



Simak Video "Kanye West Rela Rogoh Rp 99 M Demi Kampanye Capres AS"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/wes)