Sivia Azizah Kini Tahu Apa yang Dia Mau

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 13 Sep 2020 20:00 WIB
Sivia Azizah
Foto: (Agra Suseno/Istimewa)
Jakarta -

Sivia Azizah memulai perjalanan kariernya dari usia yang begitu belia. Dirinya mulai berkecimpung di dunia tarik suara dengan mengikuti ajang pencarian bakat penyanyi cilik.

Waktu berganti, dia pun bergabung dalam sebuah girlband. Setelahnya, Sivia memutuskan untuk berhenti sejenak dari dunia musik untuk menekuni hal-hal lainnya, mulai dari menjadi penyiar radio hingga fashion influencer.

"Aku mikirnya kayaknya gue perlu break deh. Karena kan aku dari kecil nyanyi, kok kayaknya lelah ya. Aku ingin ngerasain kayak anak-anak seusiaku aja, kayak teman-temanku aja gitu, yang pulang sekolah terus hang out," ujar Sivia pada detikcom.

Dalam dua tahun dirinya beristirahat dari dunia musik, Sivia justru merasa 'gerah' dan ingin segera kembali bermusik. Setiap kali melihat teman-temannya bernyanyi di atas panggung, ada rasa ingin yang menghampirinya.

Keinginannya yag semkain kuat membuat dia mencoba mulai menulis lagu. Pada awalnya, Sivia merasa ragu atas kemampuannya dalam merangkai lirik. Akan tetapi pada akhirnya dirinya mulai merasa percaya diri dengan lagu yang dia tulis.

Storm adalah lagu pertama yang dia tulis. Menurutnya, lagu itu tercipta dengan cepat sebab dalam lagu itu dirinya benar-benar mencurahkan apa yang sedang ia rasakan saat itu.

"Storm itu aku tulisnya cuman 15 menit, karena aku pada saat itu aku merasakan gila ya sedih, sedih banget, marah, marah banget, kecewa, kecewa banget. Ternyata ya ngalir aja," kenangnya.

Setelah melewati proses pencarian dan pendewasaan, Sivia Azizah kini mengaku tahu apa yang dia inginkan pada musiknya. Dia pun mencoba untuk belajar lebih jujur dalam berkarya sekaligus lebih peduli pada lagu-lagu yang dia nyanyikan.

"Ada masanya gue tuh nggak peduli lagu apa yang gue nyanyiin karena mungkin aku belum menemukan pattern-ku," ungkap dia.

Baru-baru ini, Sivia Azizah mengeluarkan album berjudul Love Spells yang terdiri dari sembilan lagu. Album itu bercerita mengenai prosesnya menemukan jalan dan arah bermusik yang dia inginkan.

Sivia AzizahSivia Azizah Foto: (Agra Suseno/Istimewa)

Baginya, setelah mengetahui apa yang dia inginkan, ia pun dapat lebih leluasa menuangkan apa yang dia pelajari selama ini.

"Ini loh yang selama ini gue pelajarin. Jadi aku tuh sekolah musik hampir tujuh tahun, belajar notasi, aku sempet ikut Elfa's Choir, itu yang aku kembaliin sekarang," kata dia.

"Ternyata pengalaman itu, kalau lo mengapresiasi pengalaman yang lo miliki, lo bisa banget loh bikin sesuatu yang menarik dari itu. Ternyata ini yang orang-orang bilang berkarya tuh ya jujur," lanjutnya.

Pada wawancara dengan detikcom, Sivia Azizah juga membagi bagaimana proses kreatifnya ketika menulis lagu.

Dia mengatakan, "Aku mencoba nulis narasi for the first time. Jadi apapun yang gue rasain, tulis aja, dari situ aku sortir satu-satu terus aku kawinin dari lirik yang satu ke lirik yang lain."

(srs/aay)