Cerita Sivia Azizah Rekaman dalam Lemari hingga Gunakan Selimut

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 13 Sep 2020 18:20 WIB
Sivia Azizah
Foto: (Agra Suseno/Istimewa)
Jakarta -

Meski telah digarap sejak tahun lalu, namun rupanya masa pandemi Corona tetap berimbas pada proses penggarapan album Love Spells dari Sivia Azizah.

Sivia Azizah mengaku sempat merasakan sulitnya melakukan proses penggarapan album jarak jauh, sebab salah satu produsernya, Iwan Popo berdomisili di Bandung.

Menemukan ide untuk musik dari lagunya menjadi tantangan tersendiri. Menurutnya, ide lebih mudah ditemukan ketika dia dan orang-orang yang terlibat dalam albumnya bertemu langsung.

"Karena kalau bertemu langsung idenya tuh langsung bergelimpahan. Tapi kalau di digital, belum lagi kalau lagi video call-an (sinyal) ngadet-ngadetnya," terang dia.

Ada cerita menarik dari proses jarak jauh yang dilakukan oleh Sivia. Dirinya menggunakan beberapa metode untuk merekam suaranya dari rumah.

Selain membeli peralatan yang memadai, dirinya juga berkonsultasi dengan sejumlah musisi lainnya yang pernah mengerjakan proyek musik dari rumah.

Dia mengaku bertanya pada Petra Sihombing, Yura Yunita, Mikha Angelo hingga Nadin Amizah.

"Take vocal-nya pernah di sela-sela baju. Pernah juga take vocal-nya, jadi jendela kamar aku buka terus aku taruh selimut aku, aku tempel-tempel," cerita Sivia.

"Ada juga jadi aku lepas mic aku, aku nyanyinya di dalem selimut, jadi kayak tenda gitu, jadi ada banyak selimut, aku double-double dan itu panasnya pol. Pas buka (selimut) langsung keringetan," sambung dia.

Tidak hanya itu, dirinya mengalami tantangan ketika harus mengisi bagian paduan suara (choir) dari lagu-lagunya.

"Aku tuh selalu pakai choir, choir aku guide vocal-nya raw-nya aku yang bikin, harmonisasi segala macem aku yang bikin melodinya," ungkap Sivia dalam wawancara dengan detikcom, baru-baru ini.

"Jadi aku harus lempar ke mereka kemudian mereka lempar ke aku, itu melelahkan," jelas dia lagi.

Atas segala upaya yang dia lakukan, Sivia pun berharap albumnya bisa menjadi sebesar usaha yang dia keluarkan.

"Ini besar banget buat aku, karena usaha aku tuh total, bikinnya tuh penuh tenaga, energinya ekstra. Ini jadi kayak first time aja buat aku. Ini gede banget buat aku pribadi," tutur dia.



Simak Video "Sivia Azizah Curhat Lewat Singlenya, Nyaman Ternyata Jebakan!"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/aay)