Cerita di Balik Kolaborasi Rhoma Irama dan Via Vallen di Cuma Kamu

Pingkan Anggraini - detikHot
Jumat, 11 Sep 2020 20:19 WIB
Rhoma Irama dan Via Vallen
Foto: dok. GP Records
Jakarta -

Lagu legenda Cuma Kamu milik raja dangdut Rhoma Irama kembali dirilis dengan aransemen yang berbeda. Lagu ini digaungkan oleh Rhoma Irama dengan menggaet pedangdut muda Via Vallen.

Dijelaskan Rhoma, lagu Cuma Kamu kali ini memiliki warna musik yang berbeda. Hal itu dipicu dari karakter suara Via yang dianggap Rhoma mendukung adanya perbedaan aransemen dari lagu aslinya.

Rupanya Rhoma Irama memiliki cerita unik dibalik hasil kerjasamanya dengan Via Vallen itu. Hal ini dijelaskan dalam jumpa pers virtual yang diselenggarakan, Jumat (11/9/2020).

"Sebetulnya sebagaimana saya katakan tadi bahwa ketika saya duet sama Via di acara TV itu lagu Cuma Kamu," ujar Rhoma.

"Terus sama berkesannya, bahwa akan sangat bagus sekali dengan Via karena karkaternya beda sama Rita Sugiarto (penyanyi sebelumnya). Jadi kalau lagu ini dinyanyikan dengan karakter yang beda tentunya akan beda. Aransemennya juga beda. Ya kalau lagu atau pemilihan duet dengan Via dulu, ya sama-sama (secara berbarengan) tuh," jelasnya lagi.

Lebih lanjut, Via pun menjelaskan keuntungan apa saja yang ia dapatkan saat berduet bersama Rhoma Irama. Via mengaku banyak mendapat pelajaran termasuk cengkok baru yang ia bubuhkan dalam lagu Cuma Kamu ini.

"Teknik apa yang saya belajar dari Pak Haji (Rhoma Irama) ya banyak. Salah satunya saya diajarin, saya diarahin juga, recording ke dua saya diajarin jadi enak banget gitu. Banyak pelajaran berharga yang saya dapat," tutur Via.

"Kalau dulu karakter suara saya gitu-gitu aja. Tapi sekarang saya diarahin, saya sempat nggak yakin pakai cengkok itu. Tapi diajarin akhirnya saya coba dan bisa," sambungnya.

Selain perihal lagu tersebut, Rhoma Irama pun menjelaskan energi yang ia dapatkan saat menggaet penyanyi muda seperti single-nya kali ini.

Pelantun lagu Begadang itu menyatakan banyak keuntungan yang didapatkannya. Dia pun menyebut berkreasi dalam dunia seni tak pernah memiliki batasan.

"Barangkali menambah spirit dari pada jiwa seni kita karena gini, bahwa di dalam dunia seni tidak berbeda dengan aspek-aspek lain," tutur Rhoma.

"Ada penyegaran yang dibutuhkan. Untuk kontinuitas sesuatu itu dibutuhkan energi-energi baru untuk membuat semangat baru, untuk membuat kreasi. Saya rasa secara alamiah seperti itu. Pasti ada energi-energi itu," tutup Rhoma.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Rhoma Irama Duet Bareng Via Vallen, Rita Sugiarto: Bebas Saja"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/aay)