Lagu Paling Berpengaruh Bagi Musisi

Pujian Tak Terlupakan saat Raisa Nyanyikan Bahasa Kalbu

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 06 Sep 2020 16:50 WIB
Raisa
Raisa cerita tentang lagu yang berpengaruh untuknya Foto: hanif hawari
Jakarta -

Raisa menyanyikan ulang lagu Bahasa Kalbu yang sebelumnya dibawakan oleh Titi DJ. Rupanya lagu tersebut memiliki pengaruh tersendiri bagi hidup penyanyi kelahiran 6 Juni 1990 itu.

Pelantun Kali Kedua itu masih ingat betul momen ketika dirinya menyanyikan Bahasa Kalbu untuk pertama kalinya dalam sebuah acara keluarga.

Menurutnya, saat itu dia mendapat pujian yang tidak akan pernah dia lupakan. Salah seorang kerabatnya mengatakan bahwa suaranya saat bernyanyi mirip dengan orang dewasa.

Raisa yang saat itu masih kanak-kanak pun merasa tersanjung bukan main ketika suaranya disebut mirip orang dewasa.

Namun rupanya tidak hanya itu, Raisa menjadi tertarik pada penulisan lirik dimulai dari ketika ia mulai mencari makna dari lirik Bahasa Kalbu.

Penggalan lirik favorit Raisa dalam lagu itu adalah, "Hanya diriku paling mengerti // Kegelisahan jiwamu kasih // Dan arti kata kecewamu."

"Melodinya sangat indah dan liriknya luar biasa banget, salah satu lagu Indonesia yang bikin aku tertarik sama penulisan lirik ya karena lagu ini. Aku juga pernah bawain lagu waktu kecil," ceritanya.

Hingga kini, penulisan lirik menjadi salah satu hal yang penting baginya tiap kali ia ingin menulis lagu.

Bahasa Kalbu merupakan lagu yang ditulis oleh Andi Rianto, Titi DJ dan Dorie Kalmas. Lagu itu terdapat di album berjudul sama yang rilis pada 1999.

Album Bahasa Kalbu berhasil memenangi 5 dari 6 nominasi di Anugerah Musik Indonesia Awards 1999 yaitu Penyanyi Pop Wanita Terbaik, Album Pop Terbaik, Penyanyi Rekaman Terbaik, Lagu Terbaik, dan Album Rekaman Terbaik.

Lagu Bahasa Kalbu juga pernah menjadi lagu untuk sinetron berjudul Cinta dan menjadi salah satu hits sukses dari Titi DJ pada masanya.

Ketika membawakan ulang lagu tersebut, Raisa bekerja sama dengan Andi Rianto untuk menggarap aransemen.

Dalam Bahasa Kalbu versi baru, Raisa bernyanyi diiringi oleh kurang lebih 40 pemain musik yang tergabung dalam Magenta Orchestra di bawah pimpinan Andi Rianto.



Simak Video "Afgan dan Raisa Kembali Duet Lewat Lagu 'Tunjukkan'"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/nu2)