Bisma Karisma Cerita Kisah Kelam hingga Jarinya Putus di Lagu Baru

Dicky Ardian - detikHot
Sabtu, 18 Jul 2020 08:30 WIB
Bisma Karisma, Rangga dan Reza SM*SH
Foto: Gus Mun/detikHOT
Jakarta -

Selain melanjutkan proyek musik bersama SMASH, Bisma Karisma juga serius di jalur solo. Ia membuktikan hal tersebut dengan single debutnya yang baru dirilis.

Lagu itu berjudul Yang Suri. Dari siaran persnya, Bisma Karisma setidaknya membutuhkan waktu hingga 4 tahun untuk mengeksplorasi jati diri hingga akhirnya lagu tersebut bisa dirilis.

"Pencarian untuk lagu ini sebenarnya 4 tahun, tetapi kalau proses lagunya sekitar 2 tahun. Yang Suri ini muncul di saat akhir-akhir. Kayak udah matang aja," kata Bisma Karisma.

Kisah yang diangkat untuk lagu tersebut lahir dari pengalaman pribadinya. Pria 29 tahun ini mengungkapkan kisah kelam yang mampu mengubah hidupnya.

Bisma Karisma bercerita mengenai pengalaman pahitnya selama masa sekolah. Ia mengaku mengalami perundungan yang berkepanjangan.

Belum lagi, kisah kelamnya menjadi korban penjambretan. Insiden itu membuat setengah jari telunjuknya putus.

Setelah kejadian, ia langsung dilarikan ke rumah sakit. Saat itu, Bisma Karisma merasa seakan ada di sebuah lorong kesadaran, antara bingung dan rasa penuh harap. Momen itu ia rasakan seperti mati suri.

Untungnya, harapan itu akhirnya hadir. Pagi hari, ketika ia membuka mata, terlihat senyum keluarga dan sahabat yang mampu memberikan energi baru yang begitu besar.

"Terasa sampai hari ini. Momen itu jadi yang bersejarah untuk saya ingat dan rasakan, supaya jadi rasa haru yang mau saya sampaikan," jelas Bisma.

Lama berada di dalam sebuah boyband tentu memengaruhi gaya bermusiknya. Namun ia tidak mau ambil pusing soal itu. Bisma Karisma mengizinkan pendengarnya memberikan penilaian sendiri.

"Saya nggak mau mematok banget, karena biarkan itu menjadi pop mungkin. Pop itu kan populer ya, ya siapa yang gak mau musiknya jadi populer dan berasa buat banyak semua orang," katanya.

"Kalau dirasanya power pop 80-90-an ya syukur kalau enggak gak apa. Karena memang yang seru pemilihan sound drum sama Lafa. Sound drumnya cukup bandel, lead gitarnya saya juga cukup explore sama Lafa," tutupnya.

Lagu Yang Suri dari Bisma Karisma menjadi salah satu yang berhasil masuk ke dalam playlist pilihan detikcom, d'HOT Music Today. Kamu bisa menikmatinya di bawah ini.

(dar/aay)