detikHot

music

Konser Drive-in Bakal Digelar di JIExpo Kemayoran

Senin, 13 Jul 2020 09:55 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rapper Jerman Sido tampil di bioskop drive-in Georg Schutz selama krisis virus corona, di Dusseldorf, Jerman. Konser drive-in. Foto: Getty Images/Andreas Rentz
Jakarta -

Menyusul adanya pengumuman dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemprov DKI Jakarta mengenai diperbolehkannya penyelenggaraan konser drive-in, sebuah konser drive-in bertajuk New Live! Experience akan diadakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Perihal mengenai konser drive-in tersebut memang telah diumumkan oleh Berlian Entertainment, Mata Elang Productions dan Mahaka Radio Integra,

Kahitna digadang-gadang akan menjadi salah satu pengisi acara dari konser drive-in tersebut. Dalam gelarannya band asal Bandung yang terbentuk pada 1986 itu akan merayakan 34 tahun karier musik mereka.

Menurut siaran pers yang diterima detikcom, New Live! Experience edisi pertama tersebut rencananya akan digelar selama dua hari meski belum ada keterangan kapan tanggal pasti acara tersebut akan digelar.

Nantinya, pada edisi berikutnya, New Live! Experience tidak akan selalu mengusung konsep drive-in.

"Maka dari itu sebagai payung besarnya kami namakan New Live! Experience'dimana untuk edisi perdana yang akan kami hadirkan dengan konsep menonton konser dari mobil (Drive-in) di Parkir Barat JIExpo Kemayoran Jakarta selama dua hari," ungkap Creative & Project Director dari Berlian Entertainment, Dino Hamid dalam siaran pers tersebut.

Sebelumnya, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta melalui Surat Keputusan Nomor 140 Tahun 2020 telah memperbolehkan terselenggaranya kegiatan pertunjukan dan konser di luar ruangan pada masa perpanjangan sosial berskala besar (PSBB) transisi. Tapi konser baru dapat terselenggara asalkan memiliki konsep drive-in.

"Boleh, tapi sementara skalanya yang drive-in dulu. Sudah boleh dari tanggal 7 Juli kemarin," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia melalui pesan singkat pada detikcom, baru-baru ini.

Dengan demikian, penonton konser diharuskan berada di dalam mobil selama penyelenggaraan pertunjukan berlangsung. Selain itu, dalam SK Perpanjangan PSBB Transisi tersebut juga dijelaskan sejumlah protokol kesehatan yang berlaku baik bagi pengunjung maupun penyelenggara.

Aturan tersebut mencakup penggunaan masker, jarak antar kendaraan, hingga penonton diharuskan mematuhi aturan menghidupkan dan menyalakan mobil sesuai arahan dari penyelenggara.

Dihubungi melalui sambungan telepon baru-baru ini, Dino Hamid mengungkapkan, "Konsep drive-in itu kami develop sudah lama. Kami mengumumkan progresnya mengikuti perkembangan dari pemerintah dulu. Sekarang kan sudah officially dari pihak Pemprov sudah declare."

Ini bukan kali pertama konser dalam mobil diadakan. Sebelumnya konser drive-in juga telah diadakan di beberapa negara oleh sejumlah negara, misalnya Republik Ceko, Denmark, hingga Amerika Serikat.

Sejumlah artis mancanegara pun pernah tampil dalam gelaran konser drive-in, di antaranya Keith Urban, Brad Paisley, dan lain-lain.




Simak Video "Nonton Konser dari Dalam Mobil Bisa Dinikmati Akhir Agustus"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com