Nonton Konser dari Mobil Jadi Tren, Sama Asyik dengan Musik Live?

Dicky Ardian - detikHot
Senin, 04 Mei 2020 14:31 WIB
Drive-in theatre adalah sarana bagi seniman di Jerman untuk terus berkarya termasuk konser. Penonton menyaksikan konser ini dari dalam mobil.
Foto: Getty Images/Lars Baron
Jakarta -

Pandemi Corona memaksa semua kegiatan musik yang melibatkan banyak orang, seperti konser musik, harus tertahan. Ahli kesehatan bahkan memperkirakan konser musik baru akan 'sembuh' pada akhir tahun depan.

Ternyata Denmark tidak mau menunggu selama itu. Belum lama ini, sebuah konser musik di Kota Aarhus resmi digelar.

Padahal, Denmark juga menerapkan aturan social distancing yang sama dengan beberapa negara lainnya.

Meski begitu, penyelenggara berinovasi dengan melahirkan konser dengan format drive in. Konser tersebut memungkinkan penontonnya untuk ada di venue bersama banyak orang lain, tapi tetap ada di mobilnya masing-masing.

Ya, menyaksikan konser musik dari dalam mobil. Saat itu, yang beraksi adalah Mads Langer, seorang penyanyi dan penulis lagu.

Namun menyaksikan konser dari dalam musik tentu tidak akan memanjakan telinga. Kekedapan kabin mobil menghalangi kualitas suara yang terdengar.

Oleh karena itu, penyelenggara membuat inovasi lain. Penonton diminta memutar dial FM tertentu. Suara yang dihasilkan dari atas panggung langsung ditransfer ke dalam mobil melalui gelombang tersebut.

[Gambas:Instagram]



Sebagai musisi yang tampil, Mad Langer mengaku puas dengan inovasi tersebut. Ia mengaku lega bisa menghibur banyak orang tanpa harus melanggar aturan social distancing.

"Perasaan ketika kamu bersatu kembali dengan audiensmu meskipun mereka duduk dengan aman di mobil mereka," tulisnya di Instagram.

Unggahan itu ia bagikan bersamaan dengan sebuah foto dirinya di atas panggung sambil tersenyum. Di belakangnya terlihat begitu banyak mobil yang berisi penonton konsernya.

Komentar senada juga disampaikan petugas keamanan setempat. Ia menyebut penonton konser musik cukup terhibur dan semua aman terkendali.

"Hanya ada kesan positif dari orang-orang kami yang hadir," ujar seorang petugas polisi kepada surat kabar lokal Jyllands-Posten.

"Semuanya sudah terkontrol. Orang-orang berperilaku sebagaimana mestinya, dan semua mobil Kembali pulang dalam setengah jam," tuntasnya.



Simak Video "Penjelasan Superglad soal Viral Konser Musik di Cilandak"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/doc)