Federasi Serikat Musisi Tanggapi Rencana Pemerintah Beri Kartu Pra Kerja

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Selasa, 14 Apr 2020 15:41 WIB
Ilustrasi Kartu Pra Kerja
Foto: Ilustrasi Kartu Pra Kerja (Tim Infografis: Luthfy Syahban)
Jakarta -

Pemerintah meluncurkan pemberian insentif dalam program Kartu Prakerja. Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio, pekerja industri kreatif, salah satunya musisi dan pekerja musik, yang terdampak oleh pandemi Corona dapat mengikuti program tersebut.

Nantinya, insentif yang diperoleh adalah sebesar Rp 3,55 juta. Biaya itu dibagi menjadi dua, Rp 1 juta dipergunakan untuk mengikuti pelatihan dalam platform digital yang bermitra dengan pemerintah dan sisanya akan dibagikan dalam bentuk insentif setelah pelatihan secara berkala.

"Kami telah meminta khusus kepada Federasi Serikat Musisi Indonesia, Persatuan Artis Film Indonesia, Ikatan Manager Artis Indonesia, para produser film, dan lain-lain untuk meminta data pekerja di lingkungan musik, film, seni pertunjukan, musisi yang bekerja di hotel, kafe, kru film dan musik yang kehilangan pendapatannya," kata Wishnutama saat rapat kerja dengan Komisi X DPR RI melalui telekonferensi, baru-baru ini.

"Pendataan itu sedang kami lakukan langsung ke asosiasi agar mendapatkan opportunity dari Kartu Prakerja tersebut," sambung dia.


Sejauh ini, ada dua kementerian yang melakukan pendataan, yakni Kemenparekraf dan Kemendikbud. Nantinya data itu akan dilakukan pencocokan dan seleksi agar tidak tumpang tindih.

Mengenai hal tersebut, musisi Candra Darusman selaku ketua Federasi Serikat Musik Indonesia (FESMI) membenarkan adanya pendataan terhadap pekerja industri kreatif. Ia menanggapi program tersebut dengan dua sikap.

"Kartu ini tentunya positif bagi kelompok yang akrab dan tersedia fasilitas dengan solusi online. Walaupun belum lihat pelatihannya seperti apa," tulis Candra dalam pesan pada detikHOT, Selasa (14/4/2020).

Akan tetapi, Candra menambahkan, belum tentu insentif itu dapat diakses oleh semua orang. "Bagi yang kurang akrab dengan online seperti musisi atau penyanyi senior atau yang tidak ada fasilitas harus ada solusi lain," jelasnya.

Untuk mencari solusi di luar program pemerintah tersebut, FESMI menginisiasi pembukaan donasi bernama Solidaritas Untuk Biduan & Musisi yang Terdampak COVID-19. Donatur dapat memberikan bantuannya melalui KitaBisa.


Bantuan itu akan disalurkan untuk musisi dan penyanyi kafe, kru dan teknisi band, dan musisi jalan yang kehilangan mata pencarian selama pandemi COVID-19 berlangsung.

Sebelumnya, Kartu Prakerja sudah menjadi program Presiden Joko Widodo yang targetnya adalah para pekerja, pencari kerja serta pelaku usaha mikro atau kecil.

Hanya saja, di tengah masa pandemi ini, program itu kemudian juga dimanfaatkan untuk pemberian insentif bagi mereka yang ekonominya terdampak akibat adanya pandemi.



Simak Video "Mau Daftar Program Kartu Prakerja? Simak Syarat dan Caranya di Sini"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)