detikHot

music

Musisi Juga Butuh Uang, Bisakah Panggung Digital Dibuat Berbayar?

Minggu, 29 Mar 2020 14:31 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Kelebihan musik streaming dibandingkan download Infografis Foto: Infografis Detikcom
Jakarta -

Pandemi virus COVID-19 terbilang menyebar begitu cepat ke berbagai penjuru dunia, tidak terkecuali Indonesia. Hingga kini jumlah pasien yang mengidap virus Corona masih bertambah tiap harinya di Tanah Air.

Pemerintah terus menganjurkan warganya untuk tetap tinggal di rumah dan menghindari keramaian selama pandemi berlangsung. Sejumlah acara yang menghimpun banyak massa pun dibatalkan, salah satu acara musik.

Tercatat setidaknya ada 38 konser, tur dan festival musik yang dibatalkan serta ditunda di sepanjang periode Februari dan Maret. Penundaan itu termasuk juga terjadi pada festival berskala besar, misalnya Head in the Clouds Indonesia dan Hammersonic 2020.

Para musisi dan band mencoba mencari jalan keluar bagaimana mereka masih dapat memperdengarkan karyanya meski para penggemarnya tetap tinggal di rumah. Menurut Rizky Aulia atau Ucup dari Synchronize Fest, sejauh ini ada tiga konten digital yang biasa disajikan oleh para musisi.


Konten digital tersebut antara lain konser daring, sesi tanya-jawab (Q&A) dan siaran langsung lokakarya (online workshop). Akan tetapi, konten tersebut biasanya merupakan konten tidak berbayar yang dapat disaksikan cuma-cuma.

"Sekarang kan masih kebanyakan hanya di Youtube saja, sama Instagram Live," kata Ucup dalam diskusi virtual yang berlangsung pekan ini.

Menurut Wendi Putranto, kebutuhan musisi terhadap konser tidak hanya berhenti pada kebutuhan untuk memperdengarkan karyanya saja, namun juga tidak lepas dari kebutuhan ekonomi. Maka itu, menurutnya, perlu ada cara bagaimana konten musik digital tersebut bisa dinikmati dengan cara yang berbayar.

"Perlu dipikirkan bagaimana cara ada model bisnis yang berbayar tapi tetap digital. Bagaimana mengembangkan live streaming concert, jadi konser streaming yang ada revenue-nya, jadi bisa dimonetasi streaming-nya," ungkap Wendi.


Danilla merupakan salah satu musisi yang melakukan hal tersebut. Pada Sabtu, 28 Maret 2020 kemarin, Danilla menayangkan live workshop berbayar yang merupakan kerja sama dengan Loket.com.

"Platform-nya live workshop, kalau mau dapat link-nya harus berbayar, tapi inisiasinya masih donasi. Jadi Danilla announce akan ada donasi yang disumbangkan untuk pejuang COVID-19." jelas Ucup.

Photo Gallery
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Per 7 Juli, Pemerintah Periksa 17.816 Spesimen Corona di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com