Hari Musik Nasional

Ini Musisi Indonesia Penerima Royalti Terbesar

Dicky Ardian - detikHot
Senin, 09 Mar 2020 11:46 WIB
konser musik
Foto: shutterstock
Jakarta -

Bertepatan dengan Hari Musik Nasional, Performers Rights Society of Indonesia (PRISINDO) mengumumkan distribusi royalti tahunan. Siapa yang dapat paling banyak?

Sebagai Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) PRISINDO memiliki lebih dari 300 lebih musisi yang terdaftar. Raisa, Iwan Fals, Payung Teduh, Didi Kempot, Via Vallen dan masih banyak lagi yang lainnya ada di dalam daftar tersebut.


PRISINDO secara kolektif mengumpulkan data royalti yang berasal dari performing rights atau hak mengumumkan karya ke publik, bukan berdasarkan penjualan lagu musisi.

"Ketika sebuah karya rekam diperdengarkan untuk kepentingan komersial seperti di hotel, karaoke dan restoran, maka para pengguna tersebut wajib membayar royalti performing rights kepada tiga pemilik hak, yaitu pencipta lagu, musisi dan penyanyi yang merekam karya tersebut, serta produser," terang Marcell, penyanyi sekaligus Ketua Umum PRISINDO dalam siaran persnya, Senin (9/3/2020).

Data itu kemudian dikumpulkan oleh PRISINDO. Mereka kemudian mendistribusikan hak yang seharusnya memang didapat oleh musisi.

Selanjutnya
Halaman
1 2