Pentas Seni Dulu dan Kini

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Jumat, 30 Agu 2019 15:41 WIB
Halaman ke 1 dari 3
1.

Pentas Seni Dulu dan Kini

Pentas Seni Dulu dan Kini
Foto: shutterstock
Jakarta - Pada era awal 2000-an, sebelum maraknya konser dan festival musik seperti saat ini, pentas seni (pensi) sekolah dan kampus menjadi hiburan utama anak-anak muda.

Sejumlah sekolah bahkan menjadi pentas seni sebagai ajang menunjukkan diri dan identitas sekolahnya. Beberapa pensi bahkan diadakan di lokasi dengan kapasitas besar dan mendatangkan bintang tamu kenamaan.

Berbagai band yang lahir pada era itu dan menggarap musiknya secara independen menjadi primadona pentas seni pada masanya.




Nama-nama seperti The Trees and the Wild, The Upstairs, The Adams, Club 80s, Naif, Killing Me Inside, Pee Wee Gaskins hingga bahkan Hivi! dan lain-lain menjadi penampil yang tak asing dalam sebuah pensi.

Tak sedikit pula pentas seni yang berhasil melambungkan nama band sekolah dan kampus. Berbagai genre pun bercampur baur dalam satu panggung pensi sekolah.

"Kalau dulu pentas seni sekolah itu memang di-support banyak pihak, menjadi menu utama karena waktu itu konser-konser band luar juga sedikit, festival-festival band luar juga belum ada," kenang Jimi Multhazam, vokalis The Upstairs.