detikHot

music

'Selamat Ulang Tahun' Jadi Lagu Sejuta Umat, Jamrud Tak Dapat Royalti

Jumat, 02 Agu 2019 14:51 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Foto: Jamrud / Hanif Hawari
Jakarta - 'Selamat Ulang Tahun' dari Jamrud menjadi salah satu lagu paling ikonik. Rilis belasan tahun yang lalu, nyatanya lagu tersebut masih menjadi yang paling banyak diputar saat ada seseorang yang berulang tahun hingga kini.

Lagu tersebut diciptakan oleh Azis MS yang merupakan gitaris Jamrud. Meski tak lekang oleh waktu, ternyata tak semua royalti mengalir ke pundi-pundi Jamrud sebagai mana mestinya.

"Nah kalau itu (royalti) belum jelas. Di Indonesia sepertinya memang masih belum berlaku terlalu jelas," kata vokalis Jamrud, Krisyanto, ditemui di Gunawarman, Jakarta Selatan.



Menurut Krisyanto, hingga saat ini, ia masih belum terlalu mengetahui bagaimana aturan-aturan yang berlaku dan seberapa banyak royalti yang seharusnya ia terima dari lagu itu.

Ia mengatakan, meski tidak mendapatkan royalti, seharusnya ada izin yang jelas dilayangkan pada pihak Jamrud.

"Ya sebenarnya, ketika televisi menayangkan itu sebagai backsound, ya harusnya minta izin dulu. Kalau royalti, mungkin agak susah juga mengurusnya, kecuali dengan karaoke-karaoke, nah itu baru jelas ada hukumnya," tutur Krisyanto.



"Kalau ada yang muter jadi backsound atau bawain lagu itu, saya kurang tahu aturannya sih, jadi susah juga kami nuntutnya gimana," tambahnya.

Meski demikian, Jamrud mengaku cukup puas dengan apresiasi terhadap lagu tersebut. Mereka senang lagunya bisa memiliki umur yang panjang dan menjadi lagu ikonik.

"Cukup puas ya (dengan apresiasi). Karena kami senang juga bisa membawakan lagu itu," ujarnya.


'Selamat Ulang Tahun' Jadi Lagu Sejuta Umat, Jamrud Tak Dapat Royalti



Simak Video "Penonton Tunggu Penampilan 'Aqua' di The 90s Festival Hari Pertama"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com