DetikHot

music

Musisi-musisi Ini Tolak Hukum Anti Aborsi di Alabama

Rabu, 22 Mei 2019 17:17 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Musisi-musisi Ini Tolak Hukum Anti Aborsi di Alabama Billie Eilish salah satu musisi yang melayangkan protes. Foto: dok. Getty Images
Jakarta - Pekan lalu, Gubernur Alabama, Kay Ivey menandatangani aturan mengenai pelarangan aborsi bagi seluruh perempuan. Aturan ini berlaku termasuk untuk mereka yang mengalami kehamilan akibat diperkosa dan incest.

Aksi tersebut langsung mengundang gelombang protes. Tak terkecuali para musisi yang secara terang-terangan melayangkan ketidaksetujuaannya.

Siapa saja mereka? detikHOT merangkum bagaimana sejumlah musisi ini mengungkapkan protesnya.

Billie Eilish
Billie Eilish.Billie Eilish. Foto: dok. Getty Images

Kepada Variety, bintang pop yang tengah naik daun itu mengatakan, "Perempuan sebaiknya mengatakan, melakukan, merasakan dan menjadi apapun yang mereka inginkan. Tidak ada yang bisa mengatur bagaimana sebaiknya perempuan hidup dengan dirinya."

Rihanna
Rihanna. Rihanna. Foto: Getty Images

Lewat akun Instagram-nya, Rihanna menyuarakan protes dengan menuliskan, "Lihat. Ada sekumpulan orang yang membuat keputusan untuk perempuan di Amerika. Gubernur Kay Ivey... SEHARUSNYA KAMU MALU!"

Tegan & Sara

Duo pop kakak-beradik asal Kanada Tegan & Sara juga termasuk salah satu yang kontra terhadap aturan tersebut. "Perempuan seharusnya secara tegas dapat memilih apa yang mereka inginkan atas tubuh mereka. Tubuhku, pilihanku, patriarki keparat," tulisnya di Twitter.

Matty Healy
Matty Healy 'The 1975'Matty Healy 'The 1975' Foto: Asep Syaifullah

Saat tampil Hangout Festival yang bertempat Alabama, vokalis The 1975 mengatakan, "Alasan saya sangat marah adalah karena saya percaya bahwa ini bukan mengenai pelestarian hidup manusia, namun ini adalah tentang mengatur tubuh perempuan."

Mark Hoppus

"Aborsi sebaiknya legal, aman, dan mendapatkan akses yang mudah. Cukup. Berhenti mengatur apa yang harus dilakukan perempuan atas tubuh mereka. Namaste," tulis personel Blink 182 itu di Twitter.


(srs/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed