detikHot

RUU Permusikan

Rara Sekar: Jangan Sampai Kita Kecolongan Lagi

Kamis, 14 Feb 2019 14:16 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Foto: Instagram Rara Sekar Foto: Instagram Rara Sekar
Jakarta - Salah satu musisi yang aktif menunjukan kepeduliannya terhadap polemik Rancangan Undang-undang (RUU) Permusikan adalah Rara Sekar. Mantan vokalis Banda Neira tersebut menyebutkan bahwa draf RUU itu harus ditolak.

Selain mengenai adanya pasal sensor yang bisa mencelakai kebebasan berkarya, sejumlah pasal lainnya juga berpotensi mematikan skena musik. Terutama pada pasal yang menyebutkan acara musik harus memiliki lisensi.




Menurut Rara Sekar, kepedulian akan adanya pasal-pasal janggal di RUU tersebut harus digerakan. Sebab sebelumnya sudah ada beberapa undang-undang janggal yang menjadi resmi karena tidak adanya sorotan saat masih dalam tataran RUU.

"Jangan sampai kita kecolongan lagi. Kita sudah kecolongan di RUU ITE dan yang terjadi apa? Konflik horizontal. UU itu jadi legitimasi orang-orang yang nggak mau dicela," kata Rara dalam diskusi 'Musik dan Aktivisme: Lirik, Lupa dan Luka' yang berlangsung di Kios Ojo Keos, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.




Menurut Rara Sekar, seharusnya polemik RUU Permusikan membangun kepedulian masyarakat Indonesia untuk mengawal RUU lainnya yang tengah digarap.

Dengan adanya kesadaran tersebut, masyarakat jadi bisa memeriksa kembali apa saja calon-calon pasal yang diajukan.

"Ini baru RUU Permusikan, gimana RUU yang lainnya. Nanti bakal ada RUU Miras, RUU Pekerja Sosial, itu juga harus diperiksa tuh," ungkapnya.
(srs/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed