DetikHot

music

Ketika Europe Sapa Penggemarnya di Boyolali Menggunakan Bahasa Jawa

Minggu, 13 Mei 2018 07:57 WIB  ·   Ragil Ajiyanto - detikHOT
Ketika Europe Sapa Penggemarnya di Boyolali Menggunakan Bahasa Jawa Foto: Band Europe menghibur Boyolali / Ragil Ajiyanto
Boyolali - Selama 1 jam 40 menit, grup rock Europe menghibur ribuan penggemarnya di Boyolali dalam konser Volcano Rock Festival. Sejak Sabtu (12/5) malam sampai Minggu (13/5) dini hari masih terasa euforianya. 20 lagu disuguhkan Joe Tempest dan kawan-kawannya tersebut.

Ribuan penonton yang datang dari berbagai daerah di Indonesia pun rela antri berdesak-desakan masuk Stadion Pandanarang, lokasi konser untuk menyaksikan grup lawas yang pernah berjaya.

Tepat pukul 21.00 WIB, band asal Swedia itu mulai menggebrak Stadion Pandanarang, lokasi konser dengan lagu pertama berjudul Walk The E. Kemunculan Europe di panggung langsung disambut meriah oleh penggemarnya. Tak sedikit dari para penonton yang langsung mengeluarkan ponsel untuk mengabaikan penampilan Europe.

[Gambas:Instagram]



Joe Tempest, vokalis Europe sempat menyapa penonton menggunakan bahasa Jawa. "Boyolali, opo kabare? (Boyolali, apa kabarnya)," teriak Joe Tempest.

Kalimat tersebut merupakan kalimat pertama berbahasa Jawa yang dilontarkan Joe Tempest kepada penggemarnya dan langsung disambut para penonton.

Kalimat berbahasa Jawa lainnya, yaitu ketika Joe Tempest mengajak penggemarnya menyanyi bersama.

"Ayo Nyanyi," kata Joe.

Joe kemudian menyanyi dan diikuti para penonton. Kalimat berbahasa Jawa yang sering dilontarkan Joe yakni kalimat Matur Suwun. Joe juga sempat mengapresiasi penonton yang begitu antusias ikut menyanyikan lagu-lagunya.

"Kalian keren," ucap dia.

Sejumlah lagu hits disuguhkan Europe dalam tour dunia mereka tahun 2018 ini disejumlah negara yang bertajuk Walk The Earth. Indonesia menjadi satu-satunya negara di Asia, dalam tour Europe tahun ini.

Lagu-lagu yang ditampilkan antara lain The Siege, Rock, The Rockie, Carrie Cherokee. Penampilan mereka ditutup dengan lagu hits mereka The Final Countdown.

"Boyolali, Indonesia, Matur Suwun."

Penampilan Europe memukau ribuan penggemarnya. Meski para personelnya rata-rata telah berumur, namun mereka tetap terlihat enerjik dan seperti tak kenal lelah.

"Sampai jumpa, matur suwun, thank you thank you, beautiful," kata Joe di penghujung penampilannya.

Sebelum penampilan Europe, grup rock legendaris Indonesia, God Bless tampil sebagai band pembuka konser bertajuk Volcano Rock Festival ini. Ahmad Albar tampil selama satu jam mulai pukul 19.00 WIB hingga 20.00 WIB.

God Bless membuka penampilannya dengan lagu berjudul Menjilat Matahari. Kemudian dilanjut lagu berjudul Kehidupan, Kepada Perang, Cermin, Emosi, Musisi, Rumah Kita, Syair Kehidupan, Panggung Sandiwara, Bis Kota dan Trauma. Penampilan God Bless ditutup dengan lagu Semut Hitam.
(kmb/kmb)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed