5 Film Animasi Jepang Era 2010-an Rating Tinggi di IMDb

ADVERTISEMENT

5 Film Animasi Jepang Era 2010-an Rating Tinggi di IMDb

Diah Retno Andani - detikHot
Rabu, 25 Jan 2023 20:04 WIB
film anime karya sutradara makoto shinkai
Foto: Comix Wave
Jakarta -

Meski tiap tahun selalu ada judul film baru yang dirilis tak membuat pesona film-film era 2010-an pudar. Tak terkecuali film-film animasi Jepang.

Jepang banyak menghadirkan beragam film animasi populer dengan cerita yang menarik. Tak jarang film animasi yang dirilis pun didasarkan pada manga atau novel populer. Termasuk film Your Name yang merupakan adaptasi novel karya Makoto Shinkai.

Berikut merupakan deretan film animasi Jepang dengan rating tinggi versi IMDb:

1. From Up on Poppy Hill (IMDb 7,4)

[Gambas:Youtube]


Film animasi produksi Studio Ghibli ini rilis pada 16 Juli 2011, kisahnya didasarkan pada serial manga karya Chizuru Takahashi dan Tetsurō Sayama. Berlatar pada tahun 1963 di Yokohama, Jepang. Ceritanya berfokus pada seorang murid SMA bernama Umi Matsuzaki yang mengikuti sebuah kampanye untuk melestarikan bangunan-bangunan tua. Menjadi bagian dari kelompok yang menentang pembongkaran, dia justru bertemu dengan Shun Kazama. Perlahan Matsuzaki dan Kazama justru mulai tertarik satu sama lain. Berbagai konflik seketika muncul saat mengetahui keduanya mungkin bersaudara.

2. The Secret World of Arrietty (IMDb 7,6)

[Gambas:Youtube]


Rilis pada 7 Juli 2010, The Secret World of Arrietty mendapat respons yang bagus. Animasi garapan Studio Ghibli ini bahkan mendapatkan beberapa penghargaan. Film tersebut diadaptasi dari sebuah novel fantasi remaja karya Mary Norton berjudul The Borrowers. Kisahnya tentang makhluk berukuran kecil yang tinggal di bawah lantai. Kehidupan mereka penuh dengan bahaya dan mereka sangat berhati-hati terhadap manusia. Namun terlepas dari kekhawatiran yang mereka pikirkan, Arrietty justru mencoba untuk semakin dekat dengan Sho seorang anak manusia yang tengah menjalani pengobatan.

3. The Wind Rises (IMDb 7,7)

[Gambas:Youtube]


Film The Wind Rises didasarkan pada manga dengan judul yang sama karya Hayao Miyazaki. Menyuguhkan kisah lintas dekade yang terinspirasi oleh kehidupan Jirô Horikoshi sang perancang pesawat tempur Perang Dunia II, Zero. Film ini mengisahkan berbagai hal yang terjadi di kehidupan Jirô Horikoshi. Banyak peristiwa penting muncul termasuk Gempa Besar Kantō 1923, epidemi tuberkulosis, dan terjunnya Jepang ke dalam perang. Pada film tersebut Jirô juga bertemu dan jatuh cinta dengan Nahoko. Di sisi lain dia juga menghargai persahabatan dengan rekannya yang bernama Honjo.

4. Wolf Children (IMDb 8,1)

[Gambas:Youtube]


Disutradarai oleh Mamoru Hosoda, film ini rilis pada 21 Juli 2012. Wolf Children juga dibintangi oleh Aoi Miyazaki, Takao Osawa dan Haru Kuroki sebagai pengisi suara dari para karakter utama. Film ini berhasil menjadi film terlaris kedua di minggu akhir perilisan, mengalahkan film animasi Pixar, Brave. Ceritanya mengikuti seorang ibu muda bernama Hana yang harus membesarkan dua anak yaitu Ame dan Yuki. Kedua gadis tersebut merupakan perpaduan dari setengah manusia setengah serigala. Setelah suaminya meninggal, Hana memutuskan untuk membawa kedua anaknya keluar dari kota dan tinggal di pedesaan.

5. Your Name (IMDb 8,4)

[Gambas:Youtube]


Film yang dirilis pada 26 Agustus 2016 ini menjadi salah satu film dengan pendapatan tertinggi baik di Jepang maupun secara global. Your Name dibuat berdasarkan novel karya Makoto Shinkai yang juga berperan sebagai sutradara film tersebut. Kisahnya berfokus pada seorang gadis SMA bernama Mitsuha Miyamizu, dia memiliki keinginan untuk mencoba peruntungannya di Tokyo. Suatu hari, Mitsuha justru bermimpi tentang dirinya yang berubah menjadi seorang anak laki-laki. Di sisi lain, seorang laki-laki bernama Taki Tachibana juga memiliki mimpi tentang dirinya yang berubah menjadi seorang gadis SMA.

(aay/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT