Fakta-fakta The Fabelmans, Film Drama Terbaik Golden Globe 2023

ADVERTISEMENT

Fakta-fakta The Fabelmans, Film Drama Terbaik Golden Globe 2023

Diah Retno Andani - detikHot
Minggu, 15 Jan 2023 08:07 WIB
This image released by NBC shows Steven Spielberg accepting the Best Director award for The Fabelmans during the 80th Annual Golden Globe Awards at the Beverly Hilton Hotel on Tuesday, Jan. 10, 2023, in Beverly Hills, Calif. (Rich Polk/NBC via AP)
Foto: AP/Rich Polk
Jakarta -

The Fabelmans memenangkan penghargaan Golden Globe Awards kategori Best Motion Picture - Drama. Kisahnya terinspirasi dari masa muda sang sutradara, Steven Spielberg.

Film ini diceritakan melalui sudut pandang dari karakter Sammy Fabelman yang diperankan oleh Gabriel LaBelle. Bagaimana dia jatuh cinta dengan industri film setelah diajak oleh orangtuanya menonton The Greatest Show on Earth.

Berikut deretan fakta menarik film The Fabelmans:

1. Merupakan film semi-otobiografi

Steven Spielberg arrives at the 80th annual Golden Globe Awards at the Beverly Hilton Hotel on Tuesday, Jan. 10, 2023, in Beverly Hills, Calif. (Photo by Jordan Strauss/Invision/AP)Steven Spielberg Foto: Invision/Jordan Strauss

The Fabelmans merupakan film semi-otobiografi yang disutradarai oleh Steven Spielberg. Kisahnya terinspirasi dari masa muda Spielberg dan tahun-tahun pertamanya sebagai sutradara. Alurnya menceritakan tentang seorang anak bernama Sammy Fabelman yang tumbuh di era pasca Perang Dunia II Arizona. Dia diajak untuk menyaksikan film The Greatest Show on Earth garapan sutradara Cecil B. DeMille. Tak disangka hal tersebut memiliki pengaruh besar dalam hidupnya. Dia semakin mengeksplorasi bagaimana kekuatan film dapat membantunya melihat kebenaran tentang keluarga dan orang-orang di sekitarnya.

2. Pemeran yang menakjubkan

Film The FabelmansFilm The Fabelmans Foto: Dok. Universal Pictures, Amblin Entertainment, & Reliance Entertainment

Film ini menampilkan berbagai deretan pemain yang menakjubkan. Di antaranya Michelle Williams berperan sebagai Mitzi Fabelman, Paul Dano berperan sebagai Burt Fabelman, Seth Rogen berperan sebagai Bennie Loewy, Gabriel LaBelle berperan sebagai Sammy Fabelman, Julia Butters berperan sebagai Reggie Fabelman, dan Jeannie Berlin berperan sebagai Hadassah Fabelman. Mereka semua memerankan tokoh penting dalam film The Fabelmans. Selain itu Kalama Epstein, Jan Hoag, Greg Grunberg, Brinly Marum, James Urbaniak, Chandler Lovelle, dan Alina Brace juga ikut muncul dalam film tersebut.

3. Ide film ini ada sejak tahun 1990-an

Pengembangan skenario dari film The Fabelmans cukup singkat. Tony Kushner mengungkapkan bahwa dia dan Spielberg menyelesaikan naskah tersebut hanya dalam waktu dua bulan. Namun, diketahui ide dari film ini telah dipikirkan oleh Spielberg sejak tahun 1999. Dia juga dulu sempat berpikir akan membuat film ini akan tetapi ibu dan ayahnya mungkin tidak akan menyukainya. Akhirnya dia mengesampingkan keinginannya tersebut. Akhirnya setelah 22 tahun dia bisa membuat film dari ide yang pernah dipikirkannya dulu.

4. Awalnya memiliki judul I'll Be Home

[Gambas:Youtube]


Ternyata The Fabelmans juga lebih dari sekadar ide di tahun 1999. Ada beberapa pengembangan besar yang dilakukan pada proyek tersebut. Diketahui The Fabelmans awalnya memiliki judul I'll Be Home. Tampaknya draft skenario awal juga telah selesai karena sutradara Spielberg menjelaskan bahwa film tersebut pernah ditulis oleh saudara perempuannya, Anne Spielberg. Film ini mengabadikan banyak peristiwa dan momen dalam kehidupan Sammy selama masa kecil dan remajanya yang membuatnya jatuh cinta pada seni pembuatan film. Meski memiliki perkembangan di skenario terbaru, setidaknya film ini mempertahankan sensasi yang sama dengan ide yang dipikirkannya pada tahun 1990-an.

5. Karakter Sammy paling sulit diperankan

Sammy merupakan karakter yang didasarkan pada Spielberg ketika dia masih kecil. Jadi tidak mengherankan apabila sutradara menganggap itu adalah peran yang paling sulit. Untuk memilih pemain yang cocok, dia bahkan melakukan audisi kepada 2000 aktor yang berbeda untuk memerankan karakter ini. Dia mengungkapkan tidak mencari refleksi dirinya pada aktor yang akan memainakan karakter tersebut. Namun, mencari aktor muda yang bisa membawa cerita ini dengan rasa ingin tahu dan jujur serta tidak dapat diprediksi. Hingga akhirnya dalam film The Fabelmans, karakter tersebut diperankan oleh Gabriel LaBelle.

(aay/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT