Kenalan dengan Jerrod Carmichael, Host Golden Globe Awards 2023

ADVERTISEMENT

Kenalan dengan Jerrod Carmichael, Host Golden Globe Awards 2023

Sayyidatus Syarifah - detikHot
Rabu, 11 Jan 2023 21:25 WIB
Jerrod Carmichael
Foto: dok. Golden Globes 2023
Jakarta -

Ajang penghargaan bergengsi, Golden Globe Awards 2023 baru saja digelar. Golden Globe memberikan penghargaan terbaik dalam film dan televisi Amerika sepanjang tahun 2022. Acara tersebut dipandu oleh Jerrod Carmichael.

Sepanjang acara berlangsung, ada banyak roasting bercanda yang dilakukan oleh Jerrod Carmichael sehingga menimbulkan pro dan kontra. Termasuk untuk para juri yang tergabung di Hollywood Foreign Press Association.

Di awal acara Jerrod Carmichael sesumbar bahra dia jadi host Golden Globe karena dia berkulit hitam. Hal ini tentu merupakan sindiran buat acara tersebut karena sempat dilanda isu rasisme tahun lalu.

Siapa sebenarnya Jerrod Carmichael? Simak profilnya berikut ini.

Rothaniel Jerrod Carmichael atau yang biasa dikenal dengan Jerrod Carmichael merupakan seorang stand-up komedian, aktor, penulis, dan pembuat film Amerika. Ia lahir di Carolina Utara, Amerika Serikat, 6 April 1987. Kini usianya menginjak 35 tahun.

Ia memiliki kakak laki-laki bernama Joe. Jerrod Carmichael tumbuh dari keluarga yang kurang mampu dan hal tersebut sering menjadi topik dalam stand-up komedinya. Ia menempuh pendidikan di Robert B. Glenn High School dan lulus di tahun 2005. Komedian yang menjadi inspirasinya adalah George Carlin, Bill Cosby, Richard Pryor, dan Sinbad.

Saat usianya 20 tahun, Jerrod Carmichael pindah ke Los Angeles untuk mengejar mimpinya menjadi seorang stand-up komedian meskipun sebelumnya ia belum pernah tampil untuk berkomedi. Ia melakukan debut stand-upnya di klub komedi Amerika, The Comedy Store. Kemudian, ia juga pernah tampil di Festival Just for Laughs 2011 yang merupakan festival komedi Internasional terbesar di dunia.

Pada tahun 2013 ia memulai debutnya sebagai aktor di sitkom berjudul The Goodwin Games. Kemudian, di tahun yang sama ia juga membintangi serial Comedy Bang! Bang! dan Axe Cop. Di tahun selanjutnya ia melebarkan kemampuan aktingnya di dunia film dengan membintangi film Neighbours. Pada tahun tersebut ia juga merilis stand-up komedi spesial pertamanya dengan HBO, yaitu Jerrod Carmichael: Love at the Store yang disutradarai oleh Spike Lee dan difilmkan di The Comedy Store.

Pada tahun 2017, ia kembali merilis stand-up komedi spesial keduanya dengan HBO, yaitu Jerrod Carmichael: 8 yang disutradarai oleh Bo Burnham dan difilmkan di Grand Lodge Room.

Selain stand-up komedian dan aktor, Jerrod Carmichael juga seorang produser eksekutif. Ia pernah memproduseri sitkom berjudul Rel di tahun 2018. Jerrod Carmichael banyak muncul di berbagai serial, film, dan program TV khususnya yang bergenre komedi, diantaranya The Meddler (2015), Neighbors 2 (2016), On the Count of Three (2021), The Carmichael Show (2015-2017), The Chris Gethard Show (2016), Ramy (2019), dan masih banyak lagi. Dalam filmnya yang berjudul On The Count Of Three, ia tidak hanya sebagai aktor didalamnya melainkan juga sebagai sutradara.

Jerrod Carmichael merupakan sosok yang multitalenta, ia banyak menorehkan prestasi selama berkarier di dunia hiburan dengan meraih nominasi di berbagai ajang penghargaan bergengsi.

Beberapa nominasi yang pernah diraihnya antara lain nominasi aktor terbaik untuk serial komedi The Carmichael Show di Black Reel Awards for Television (2018), nominasi aktor tamu terbaik untuk serial komedi Saturday Night Live di Primetime Emmy Awards (2022), nominasi seri terobosan terbaik untuk serial Ramy di Gotham Awards (2019), dan masih banyak lagi.

(aay/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT