Festival Film Indonesia 2022 Angkat Tema Perempuan

ADVERTISEMENT

Festival Film Indonesia 2022 Angkat Tema Perempuan

Muhammad Ahsan Nurrijal - detikHot
Jumat, 11 Nov 2022 19:36 WIB
Jakarta -

Ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2022 akan segera digelar. Ajang kali ini akan bertempat di Plenary Hall, Jakarta Convention Center.

Nominasi FFI 2022 telah diumumkan pada Sabtu (22/10) malam di Pelataran Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dan melahirkan sebanyak 22 nominasi.

FFI 2022 digelar dengan mengangkat tema "Perempuan: Citra, Karya & Karsa". Kata Citra melambangkan keindahan perempuan yang abadi, kata Karya melambangkan ciptaan yang lahir, dan kata Karsa melambangkan sumber kekuatan keindahan karya yang lahir dari perempuan. Perempuan sebagai insan adalah sumber kelahiran, sedangkan perempuan dalam perfilman Indonesia adalah sumber kelahiran karya.

Reza Rahadian selalu ketua komite FFI 2022 mengungkapkan baik pembaca nominasi maupun pengisi acara nantinya akan didominasi oleh perempuan.

"Pembaca nominasi akan didominasi oleh perempuan, pengisi acara (juga didominasi perempuan), tapi ya tetep nggak bisa dibocorin," kata Reza Rahadian saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (11/11/2022).

Pemeran dalam film Habibie & Ainun itu juga mengenakan pakaian dengan nuansa perempuan. Dalam baju tersebut, terdapat tokoh-tokoh perempuan yang ikonik dalam dunia perfilman Indonesia.

Pakaian tersebut merupakan merchandise resmi dari FFI 2022.

"Ini kerjasama FFI dengan Telusur Kultur, salah satu official merchandise kita, ini adalah tokoh-tokoh karakter perempuan Indonesia," terang Reza Rahadian.

"Ini ada ibu Yeni Rahman di film Kartini, Ibu Christine di Cut Nyak Dien, ada Bu Cut Mini di Laskar Pelangi, ada Sherina, Ada ibu di Pengabdi Setan, kemudian ada Fahrani di film Suzanna dll. Ini adalah karakter-karakter ikonik yang perlu dihadirkan kembali," jelasnya.

(ahs/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT