4 Fakta Film Ngeri-Ngeri Sedap, Wakil Indonesia di Oscar 2023

ADVERTISEMENT

4 Fakta Film Ngeri-Ngeri Sedap, Wakil Indonesia di Oscar 2023

Diah Retno Andani - detikHot
Minggu, 09 Okt 2022 14:03 WIB
Poster Film Ngeri-Ngeri Sedap
Foto: imdb.com
Jakarta -

Ngeri-Ngeri Sedap menjadi salah satu film bertema keluarga yang menarik perhatian penonton. Karya rumah produksi Imajinari ini akan mewakili Indonesia di laga Oscar.

Ngeri-Ngeri Sedap merupakan produksi unik karena pemain dan krunya didominasi oleh suku Batak. Para pemain diantaranya ada Arswendy Beningswara, Tika Panggabean, Boris Bokir, Gita Bhebhita, Lolox, dan lainnya.

Menjadi salah satu film yang menyita perhatian masyarakat Indonesia, simak deretan fakta dari film Ngeri-Ngeri Sedap:

1. Perwakilan Indonesia di Piala Oscar 2023

Ngeri-Ngeri Sedap merupakan film yang dirilis pada tahun 2022, bercerita tentang kerinduan Mak Domu terhadap ketiga anak laki-lakinya yang merantau ke Pulau Jawa. Film garapan Bene Dion Rajagukguk ini menjadi perwakilan Indonesia di Piala Oscar 2023 yang akan dilaksanakan pada 12 Maret 2023. Ngeri-Ngeri Sedap dianggap memiliki potensi untuk dipertimbangkan juri Academy Awards ke-95 dalam kategori Best International Feature Film.

2. Kaya akan budaya Indonesia

Ngeri-Ngeri Sedap mengandung nilai budaya Indonesia khususnya budaya Batak. Ada beberapa hal yang dimuat dalam film diantaranya orang Batak yang harus menikah dengan sesama Batak, orang Batak yang identik bekerja di dunia hukum, dan kewajiban anak bungsu untuk menjaga orangtua di rumah.

Rombongan keluarga asal Lumban Julu, Toba usai menonton Ngeri Ngeri Sedap di Bioskop Siantar, Selasa (21/6/2022). (foto: istimewa)Rombongan keluarga asal Lumban Julu, Toba usai menonton Ngeri Ngeri Sedap di Bioskop Siantar, Selasa (21/6/2022). (foto: istimewa) Foto: Istimewa

3. Visual yang menakjubkan

Pada film ini terdapat keindahan visual Danau Toba yang menjadi latar utama dalam film Ngeri-Ngeri Sedap. Danau Toba menjadi danau terluas di Asia Tenggara, sehingga menjadikannya sebagai salah satu dari 5 destinasi superprioritas Indonesia. Keindahan Danau Toba pun sudah tidak perlu diragukan lagi, di sekelilingnya terdapat bukit hijau salah satunya Bukit Holbung yang menjadi lokasi piknik keluarga di film tersebut.

4. Masuk daftar film terlaris sepanjang masa

Film ini masuk ke dalam daftar film terlaris sepanjang masa di Indonesia. Bersanding bersama deretan film lainnya seperti KKN Desa Penari dan Dilan 1990. Film yang diproduseri oleh Dipa Andika ini berhasil meraih lebih dari 2,8 juta penonton selama periode penayangan. Ngeri-Ngeri Sedap pamit pada 5 Agustus 2022, setelah bertahan selama 64 hari di bioskop tanah air.

(aay/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT