Kisah di Balik Adegan Ikonik Titanic Saat Jack dan Rose di Ujung Kapal

ADVERTISEMENT

Kisah di Balik Adegan Ikonik Titanic Saat Jack dan Rose di Ujung Kapal

Asep Syaifullah - detikHot
Jumat, 07 Okt 2022 21:26 WIB
Cuplikan adegan di Titanic (1997).
Adegan ikonik Jack dan Rose di Titanic (1997). Dok. Paramount Pictures
Jakarta -

Jika bicara soal film Titanic, maka hampir semua orang yang pernah menyaksikannya pasti setuju bahwa adegan pelukan antara Jack (Leonardo DiCaprio) dan Rose (Kate Winslet) di kapal menjadi salah satu yang paling diingat. Bahkan adegan itu masih menjadi meme hingga saat ini.

Rose yang membuka matanya itu tampak terkejut saat melihat ia ada di sisi bagian depan kapal. Angin kencang yang menerpa tubuhnya itu membuat dirinya sedikit gontai, untung Jack melingkarkan tangannya di pinggangnya.

"I'm flying," ujarnya dipelukan Jack.

Memang ada banyak cerita yang mengiringi film tersebut, namun siapa sangka bahwa adegan tersebut tak seindah apa yang kita lihat di dalam film. Jika pada adegan lainnya sutradara James Cameron memilih untuk melakukan di dalam studio, maka untuk adegan itu ia benar-benar mengambil lokasi di laut asli.

Cameron sengaja melakukan itu untuk mendapatkan cahaya natural dari golden hours untuk menambahkan kesan dramatis. Adegan itu pun menjadi salah satu adegan penting untuk menunjukkan kisah asmara yang dilakoni kedua bintang utamanya dalam membangun cerita.

Dalam sebuah wawancara, Kate Winslet juga mengatakan butuh perjuangan yang sangat berat di kala syuting film peraih 11 Oscar tersebut. Adegan dilakukan di medan yang cukup sulit, para pemain dan kru yang terkena flu serta infeksi ginjal akibat terlalu lama berada di dalam air, dan hal lain-lainnya menjadi cerita di balik kesuksesan film itu.

"Aku (mengalami) benturan pada sikut dan ternyata semua lenganku memar. (Aku) Terlihat seperti istri yang habis dipukuli suaminya," ujarnya pada Los Angeles Times.

Salah satu adegan lainnya yang ikonik adalah momen di mana Jack mencoba untuk melukis Rose yang tampil polos tanpa busana dan hanya mengenakan kalung saja. Lagi-lagi dialog di dalam film itu pun masih menjadi candaan dan populer hingga saat ini.

Cuplikan adegan di Titanic (1997).Cuplikan adegan di Titanic (1997). Foto: Dok. Paramount Pictures

"Draw me like one of your French girls," tutur Rose sambil bersandar di sofa.

Ada kisah unik di dalam adegan itu, alih-alih Leonardo DiCaprio yang melukis ternyata justru James Cameron-lah yang menggambar sketsa lukisan tersebut. Hal itu dilakukan karena ia ingin lukisan itu benar-benar dibuat dan faktanya malah lukisan itu laku terjual hingga 16 ribu USD atau senilai Rp 244 juta kepada seseorang yang dirahasiakan identitasnya.

Selain itu, Leo dan Kate Winslet ternyata tak pernah melatih adegan itu bersama-sama. Keduanya justru melakukan pengambilan gambar yang berbeda.

Ada kegugupan dan energi serta keragu-raguan di dalamnya. Mereka telah berlatih bersama, tetapi mereka tidak (melakukan) syuting adegan itu bersama-sama. Jika saya bisa memilih (lagi), saya mungkin lebih suka memasukkannya pengambilan gambar yang lebih ke arah tubuhnya," pungkas James Cameron.



Simak Video "Lihat dari Dekat 'Titanic' Berlabuh di Pusat Kota Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT