ADVERTISEMENT

Hari Batman

Batman Tua Makin Putus Asa

Nugraha - detikHot
Sabtu, 17 Sep 2022 08:25 WIB
Batman v Superman
Foto: Official Batman v Superman
Jakarta -

Ada banyak aktor di balik topeng Batman selama bertahun-tahun. Salah satu perdebatan paling sengit penggemar siapa yang terbaik.

Banyak pendapat menyebut versi klasik Adam West dan Michael Keaton adalah karakter yang definitif. Tapi Christian Bale adalah yang terbaik bagi sebagian lainnya.

Setelah era itu, ada satu Batman yang tidak diragukan lagi memiliki basis penggemar paling vokal dari semuanya. Adalah versi yang diperankan oleh Ben Affleck.

Affleck berperan sebagai Caped Crusader sejak Agustus 2013. Ia memulainya saat Warner Bros mengembangkan alam semesta superhero DC.

Batman v SupermanBatman v Superman Foto: Official Batman v Superman

Meskipun alam DCEU atau Snyderverse, dianggap gagal mereplikasi kesuksesan finansial yang sama dengan Marvel.

Tapi hal tersebut tak membuat Affleck kehilangan topengnya. Ia masih jadi pilihan utama, bahkan jadi aktor yang paling sering memerankan Batman ketimbang pendahulunya. Ia bahkan masih jadi Batman hingga sekarang, untuk tampil di film Aquaman 2 mendatang. (Michael Keaton juga diisukan bakal kembali untuk The Flash).

Ben Affleck di balik topeng Batman muncul di film Batman v Superman: Dawn of Justice pada 2016. Di tahun yang sama, ia juga jadi cameo di Suicide Squad.

Di sinilah semuanya dimulai. Batman v Superman: Dawn of Justice, adalah tempat penggemar DC di seluruh dunia pertama kali diperkenalkan dengan Batman karya Affleck.

Apa yang dibawakan Affleck kepada Bruce Wayne dalam film ini sangat menyegarkan dan menggembirakan. Batman versi Affleck jauh lebih gelap dan agresif. Ini adalah pandangan yang sangat berbeda tentang Batman, setelah trilogi Dark Knight yang begitu sukses. Terlepas dari beberapa kritik soal cerita yang mutar-muter.

Setelah itu, DCEU bikin gebrakan gede-gedean dengan perilisan Justice League pada 2017. Sutradara Zack Snyder ditunjuk tapi di tengah-tengah penggarapan, ia cabut digantikan Joss Whedon, yang mengakibatkan munculnya seruan 'Josstice League'.

Batman v SupermanBatman Tua Makin Putus Asa Foto: Official Batman v Superman

Cara Batman digambarkan di Justice League tidak begitu menarik. Bruce Wayne menjadi pria kaku yang sering memuntahkan dialog setengah matang. Dari keseluruhan dialog, hanya satu yang paling nempel, ketika ia bicara kepada Barry Allen alias The Flash, yang ragu akan kemampuannya. Batman mendorongnya dengan hanya satu kata.

"Selamatkan satu orang saja, sisanya akan ikut terselamatkan," kata Batman.

Sementara pada Justice League versi Zack Snyder yang dirilis di HBO pada 2021, Bruce Wayne berubah lumayan drastis. Kali ini, Batman digambarkan penuh dengan rasa bersalah, sedih dan putus asa. Ia membentuk Justice League bukan hanya untuk bersenang-senang, tapi karena Steppenwolf tak bisa dilawan sendirian.



Simak Video "Siap-siap Sambut Hari Batman Sedunia"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/ass)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT