ADVERTISEMENT

Hari Batman Sedunia! Manusia Kelelawar Bertahan di Antara Superhero

Nugraha - detikHot
Sabtu, 17 Sep 2022 06:30 WIB
The Batman
batman Foto: Dok. Warner Bros
Jakarta -

Tahun ini, hari Sabtu ketiga bulan September jatuh pada tanggal 17. Hari ini jadi perayaan global dinobatkannya Hari Batman.

Batman memang tak cuma sebagai superhero. Ia kini jadi ikon budaya pop.

Hari Batman tak cuma dirayakan karena popularitas Batman di televisi, film dan komik. Tapi juga selama 80 tahun, Batman telah menjadi karakter yang mencerminkan keadilan.

Sejarah Hari Batman

Keberhasilan Batman selama bertahun-tahun membuatnya selalu dikenang. Hari ini juga dirayakan untuk memperingati penampilan pertamanya di 'Detective Comic' pada 1939.

Hari Batman pertama secara resmi dinobatkan pada 23 Juli 2014, bertepatan dengan Comic-Con International di San Diego. Kala itu, peringatan 75 tahun Batman dirayakan melalui penjualan merchandise Batman, dan toko-toko yang berpartisipasi menjual stok Batman dari empat era berbeda dalam karier sang superhero.

Mengapa Batman Spesial Dibanding Wonder Woman dan Superman?

Batman jadi idola berbagai generasi karena karakternya yang berbeda. Ia bukan manusia super seperti dua superhero di atas. Batman adalah manusia.

Batman dikenal tidak memiliki kekuatan super meskipun ia sebenarnya dipandang sebagai superhero. Keberanian yang murni dari waktu ke waktu membuatnya mendapatkan banyak penggemar berat.

Sinyal Kelelawar dikenal di seluruh dunia sebagai salah satu gambar yang paling identik. Membuat Batman mampu melampaui budaya dan bahasa.

Gara-gara Batman

Batman punya latar belakang anak orang kaya di Gotham City. Di kota itu juga ia berperang melawan kejahatan. Gara-gara Batman juga muncul karakter-karakter lain yang punya cerita menarik.

Jika merujuk pada kisah klasiknya, Batman punya kompatriot yaitu Robin. Di Gotham City juga tumbuh sosok seperti Joker, Harley Quinn, Riddler, Cat Woman, Penguin dan banyak lagi.

Karakter-karakter itu membuat narasi yang orisinal, bahkan belakangan Joker sang villain juga meendapat simpati publik karena kisah masa lalunya. Villain itu menjadi sangat penting bagi plot dan cerita.



Simak Video "Siap-siap Sambut Hari Batman Sedunia"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/ass)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT