ADVERTISEMENT

Hari Batman

Sejarah Batman dari Tak Berharga hingga Jadi Budaya Pop

Nugraha - detikHot
Sabtu, 17 Sep 2022 07:05 WIB
Batman
Foto: dok Batman
Jakarta -

Batman punya sejarah panjang di dunia komik. Karakter itu dibuat oleh penulis Bill Finger dan Bob Kane.

Karakter Batman debut pada Mei 1939 di Detective Comics #27. Sejak itu, muncul momen-momen terbesar Batman selama bertahun-tahun. Dari hari-hari awalnya sebagai penjahat yang terinspirasi dari pulp, hingga statusnya saat ini sebagai superstar budaya pop.

Sejak debutnya, Batman telah melampaui dunia komik untuk menjadi salah satu karakter paling populer dan bertahan lama di dunia hiburan. Dia menghiasi layar besar dan televisi, hingga video game. Dunia juga melihat wajah dan logo Dark Knight di t-shirt, hoodies, sepatu, topi, legging, dan hampir semua bentuk pakaian.

Batman telah menjadi subjek film dokumenter, studi perguruan tinggi, dan pertunjukan seni. Dia menginspirasi meme, sketsa komedi, dan parodi. Batman juga menginspirasi jutaan cosplayer di seluruh dunia.

Melihat deretan kesuksesan itu, tak berlebihan menyebut Batman melampaui perannya sebagai pahlawan super. Dia sekarang menjadi bagian dari budaya dan kesadaran.

Perjalanan 83 tahun yang luar biasa Batman dimulai dengan sangat sederhana. Begini ceritanya.

Pada 1939, DC Comics sedang mencari superhero baru, karakter yang dapat membangun kesuksesan lain dari fenomena komik mereka sebelumnya, Superman.

Kisah Batman pertama mengangkat tentang 'The Case of the Chemical Syndicate' yang ditulis oleh Finger dan digambar oleh Kane.

Bruce Wayne, yang merupakan sosok Batman diperkenalkan sebagai sosialita yang tidak menarik. Ia mengenakan kostum ikoniknya, menjadi sosok yang suram.

Kala itu, Caped Crusader sangat berbeda dari yang kita kenal sekarang. Ia adalah seorang pesuruh jalanan yang bersedia mengotori tangannya demi kebaikan yang lebih besar. Tapi dalam enam halaman itu juga, keinginan untuk keadilan sudah muncul. Di sana, teman baiknya, Komisaris Gordon, juga debut.

Detective Comics #27, meskipun terus dicetak ulang, masih menjadi salah satu komik paling dicari di kalangan kolektor dan penggemar. Salinan Detective Comics #27 terjual seharga $1,07 juta pada 2010. Padahal awalnya, buku itu terjual seharga sepuluh sen.

Kalian pasti tahu kisah Bruce Wayne menyaksikan kedua orangtuanya meninggal dibunuh perampok. Cerita itu juga diperkenalkan sejak awal, tepatnya enam bulan setelah debut komik tersebut.



Simak Video "Siap-siap Sambut Hari Batman Sedunia"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/ass)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT