ADVERTISEMENT

Hari Batman

Era Gelap Film Batman sampai Bangkitnya

Nugraha - detikHot
Sabtu, 17 Sep 2022 08:07 WIB
The Batman
Batman Foto: Dok. Ist
Jakarta -

Batman diperkenalkan pertama kali ke layar lebar pada 1966, dengan bintangnya, Adam West. Batman yang ditampilkan saat itu lebih bertema lelucon.

Batman The Movie itu diangkat dari serial yang sama-sama dibintangi oleh West. Era itu, Batman pun dicap sebagai superhero konyol. Dengan efek pukulan 'Kapow...' di setiap penampilannya.

Naik turun popularitas Batman terus terjadi hingga era 80-an. Tapi sejak itu juga tema-tema muram makin terasa dalam berbagai kisahnya.

Atmosfer gothic kala itu terus diekspolrasi hingga puncaknya dirilis Batman: The Dark Knight Returns (1986), sebuah miniseri yang digarap oleh penulis dan seniman Frank Miller.

The Dark Knight menggambarkan Bruce Wayne yang sudah tua merangkak keluar dari masa pensiunnya untuk memulihkan Gotham yang kacau. Pandangan Miller yang tajam tentang Batman membentuk latar yang diikuti oleh penulis dan seniman lain.

Sutradara Tim Burton membawa Batman (1989) ke layar perak, dengan bintangnya Michael Keaton. Ia merupakan aktor unik yang terkenal karena peran komedinya.

Film Batman (1989) yang dibintangi oleh Michael Keaton.Film Batman (1989) yang dibintangi oleh Michael Keaton. Foto: Dok. Warner Bros

Meskipun keputusan casting mengejutkan banyak orang, film tersebut sukses besar. Batman menelurkan gelombang Kelelawar dengan berbagai karya marchandise yang belum pernah terjadi sejak 1966.

Pada 1992, Burton dan Keaton kembali ke bioskop dengan Batman Returns. Di sisi lain, series animasi juga memulai debutnya di televisi.

Sementara film-film waralaba Batman dianggap mengalami penurunan kualitas karena pemeran utamanya yang juga terus mengalami pergantian, Batman: The Animated Series punya standar baru di alam semesta Batman.

Serial ini memang digarap dengan nada yang lebih dewasa. Palet warnanya khas dengan kualitas pengisi suaranya yang luar biasa. Pertunjukan tersebut meraih empat Penghargaan Emmy dan memberikan pengaruh besar pada penggambaran Gotham dan penduduknya di kemudian hari.

Batmobile yang dipakai Val kilmerBatmobile yang dipakai Val kilmer Foto: Forbes

Tapi, nada gelap itu mulai terdistorsi pada 1995 saat Batman Forever dirilis. Batman kali ini diperankan oleh Val Kilmer. Film yang disutradarai oleh Joel Schumacher ini juga punya tema yang lebih ramah anak-anak.

Setelah satu film itu, peran Kilmer digantikan oleh George Clooney di Batman and Robin yang dirilis 1997. Meski dibintangi sosok aktor kelas atas, Batman tak lantas sukses. Sebaliknya, Batman ini mendapat kritik pedas banyak pihak. Nada yang lebih berwarna, dialog kurang tajam dan plot aneh ternyata tak diterima publik dengan baik.

BEVERLY HILLS, UNITED STATES:  The stars of the film BEVERLY HILLS, UNITED STATES: The stars of the film "Batman & Robin," actors Arnold Schwarzenegger (L) and George Clooney (R) pose with their costumes Mr. Freeze and Batman 06 June at Planet Hollywood in Beverly Hills, where the costumes will be on permanent display. Schwarzenegger, who plays Mr Freeze, recently had heart surgery. (Photo credit should read MIKE NELSON/AFP via Getty Images) Foto: AFP via Getty Images/MIKE NELSON

Sejak saat itu juga Batman seperti hiatus. Hingga kebangkitannya kembali dimulai lewat trilogi Christopher Nolan yang melegenda.

Christian Bale didapuk menjadi Caped Crusade sejak 2005 lewat Batman Begins. Bale membawa Batman pada berbagai kedalaman, mulai dari sumur tua penuh kelelawar, hingga suara-suara yang terus mengganggu di kepalanya.

Batman Begins menceritakan kembali kisah asal-usul Batman, menunjukkan pelatihan Bruce Wayne yang begitu keras hingga hari-harinya sebagai pejuang berkostum.

Sekuelnya yang dirilis 2008, The Dark Knight, adalah kesuksesan komersial yang lebih besar lagi. Batman era ini makin sukses karena villain yang luar biasa.

BatmanBatman Foto: imdb

Penggambaran luar biasa mendiang Heath Ledger tentang Joker, bahkan membuatnya memenangkan Academy Award sebagai aktor pendukung terbaik. Nolan mengakhiri trilogi film Batman dengan The Dark Knight Rises (2012).

Kesuksesan itu juga melahirkan karya-karya lainnya. Dalam bentuk serial, dirilis Gotham pada 2014 yang mengisahkan Detektif James Gordon yang bertugas menginvestigasi pembunuhan Thomas dan Martha Wayne, orangtua Batman.

TORONTO - SEPTEMBER 08:  Actor Heath Ledger from the film TORONTO - SEPTEMBER 08: Actor Heath Ledger from the film "Candy" poses for portraits in the Chanel Celebrity Suite at the Four Season hotel during the Toronto International Film Festival on September 8, 2006 in Toronto, Canada. (Photo by Carlo Allegri/Getty Images) Foto: Heath Ledger (Photo by Carlo Allegri/Getty Images)


Simak Video "Siap-siap Sambut Hari Batman Sedunia"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/ass)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT