ADVERTISEMENT

Hari Batman

Kehancuran Batman usai Perang Dunia II hingga Tuduhan Gay

Nugraha - detikHot
Sabtu, 17 Sep 2022 07:35 WIB
The Batman
Foto: Dok. Ist
Jakarta -

Komik superhero menurun popularitasnya setelah Perang Dunia II. Batman adalah salah satu yang paling terdampak.

Batman jadi satu di antara tiga karakter DC Comics yang akhirnya berhasil bertahan. Meski melalui hari-hari sulit, Batman, Superman dan Wonder Woman berhasil mempertahankan serinya sendiri.

Tantangan datang bukan dari musuh dalam kisah komiknya. Namun, ancaman terbesar yang dihadapi Batman -bahkan semua komik- adalah psikiater Frederic Wertham.

Dalam karyanya Seduction of the Innocent (1954), Wertham menuduh komik secara moral merusak pembaca muda. Batman dan Robin khususnya, karena dianggap memamerkan gaya hidup gay.

"Mereka tinggal di tempat yang mewah, dengan bunga-bunga indah di vas besar, dan memiliki kepala pelayan. Itu seperti mimpi yang diimpikan oleh dua homoseksual yang hidup bersama," tulisnya.

Komik Batman: Urban LegendsKomik Batman: Urban Legends Foto: DC Comics/ Istimewa

Kala itu, DC Comics kemudian merespons tuduhan tersebut dengan membangun keluarga Batman. Mereka memperkenalkan Batwoman, Ace the Bat-Hound, Batgirl, dan Bat-Mite. Selama bertahun-tahun, DC Comics juga menghasilkan Batman yang lebih baik dan lembut.

Di balik ketahanan Batman, muncul sosok Richard W. Sprang yang legendaris karena interpretasinya tentang Joker, menjadi salah satu kisah paling klasik dari karakter tersebut.

Richard W. Sprang atau Dick Sprang adalah seniman yang akhirnya dikenal publik kepada 'Golden Age of Comic Books'. Sprang bertanggung jawab atas desain ulang Batmobile tahun 1950 dan desain Riddler, yang telah muncul dalam film, televisi, dan adaptasi lainnya. Dari sosok Sprang juga publik mengenal Batman punya fisik yang lebih kekar dengan dagu persegi, wajah ekspresif, dan dada larasnya.

Karya Batman pertama yang diterbitkan Sprang adalah Batman dan Robin di sampul Batman #18 pada September 1943. Tapi seperti semua seniman Batman saat itu, Sprang juga tidak diakui karena statusnya tetap 'gaib' untuk sang kreator, Bob Kane.



Simak Video "Siap-siap Sambut Hari Batman Sedunia"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/ass)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT