ADVERTISEMENT

Raline Shah Bicara Pengalaman Jadi Narator Film Dokumenter tentang Bumi

Muhammad Ahsan Nurrijal - detikHot
Senin, 12 Sep 2022 08:07 WIB
“Belum full vegan. Ada masa-masa haid, memerlukan daging merah. Sebenarnya ada alternatif protein yang bisa menggantikan itu, tapi mungkin aku belum siap saja,” kata Raline.
Foto: Vidya Pinandhita
Jakarta -

Aktris Raline Shah dipercaya untuk menjadi narator film dokumenter yang berjudul Kisah Manusia Merangkai Punah. Ini merupakan sebuah dokumenter berbahasa Inggris dengan judul Eating Our Way To Extinction.

Film berdurasi 81 menit tersebut dinarasikan ulang oleh Raline Shah dalam bahasa Indonesia. Ia mengaku sangat senang bisa dipercaya menarasikan film ini.

"Saya belajar banyak dari proses ini. Senang melihat hasilnya," kata Raline Shah saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Melalui film Eating Our Way to Extinction, penonton disajikan berbagai konflik lingkungan yang terjadi di seluruh dunia. Penonton diajak berdiskusi mengenai hilangnya hutan dan perubahan cuaca ekstrem akibat peternakan hewan.

"Saya rasa yang menarik tentang dokumenter ini adalah juga pendapat dan opini dari para ahli, para ilmuwan. Jadi kita bukan hanya dapat faktanya, informasinya, tapi juga opini tentang hal yang akan terjadi," tutur Raline Shah.

Sederet akademisi dan ahli terkemuka juga turut andil dalam menggambarkan buruknya kondisi bumi. Raline Shah mengatakan film ini dapat menjadi mediator yang lebih ramah dalam menyampaikan pesan agar menjaga bumi dengan baik.

"Audio visual itu benar-benar dapat kita resapi daripada membaca suatu informasi atau ditakut-takuti," pungkasnya.

Eating Our Way to Extinction pertama kali dirilis secara internasional di beberapa negara pada April lalu di antaranya Inggris, Kanada, Australia. Film dokumenter ini dinarasikan ulang ke bahasa lokal di negara masing-masing.

Eating Our Way To Extinction sudah dinarasikan dalam bahasa Indonesia dengan judul Kisah Manusia Merangkai Punah.

Film ini dirilis di Indonesia pada 7 September 2022 lalu di channel YouTube Eating Our Way To Extinction.

(ahs/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT