Kadet 1947, Film Pengobar Semangat di Hari Kemerdekaan

ADVERTISEMENT

Kadet 1947, Film Pengobar Semangat di Hari Kemerdekaan

Desi Puspasari - detikHot
Senin, 15 Agu 2022 19:36 WIB
Kadet 1947
Kadet 1947 sala satu tontonan rekomendasi di Hari Kemerdekaan. Foto: (dok.pri)
Jakarta -

Film bertema perjuangan Republik Indonesia masih kalah banyak dibanding film drama romantis. Salah satu film bertema perjuangan yang jadi rekomendasi tontonan di Hari Kemerdekaan, adalah Kadet 1947. Meski menceritakan kondisi 1947, Kadet 1947 dikemas kekinian.

Minimnya film-film bertema perjuangan dianggap karena tak sepopuler film genre lainnya. Namun tidak demikian halnya dengan Kadet 1947. Setelah dirilis di Netflix tahun ini, Kadet 1947 menjadi film yang paling banyak dicari oleh penonton Indonesia.

Film ini terinspirasi dari peristiwa pengeboman markas Belanda di Semarang, Salatiga, dan Ambarawa oleh para Kadet (Calon Penerbang Angkatan Udara Republik Indonesia) pada 29 Juli 1947. Peristiwa itu terjadi guna mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Kadet 1947 dirilis untuk umum di bioskop Indonesia pada 25 November 2021, sehingga menjadi film perjuangan teranyar dalam daftar film perjuangan yang diproduksi pada tahun-tahun sebelumnya.

Keistimewaan dari Kadet 1947 adalah format penyajian yang terasa kekinian walau menceritakan kisah pada 1947. Para tokoh kadet diperankan secara apik oleh aktor-aktor muda berbakat, yakni Bisma Mulia (Sigit), Kevin Julio (Mul), Har (Omara Esteghlal), dan Adji (Marthino Lio).

Ada juga Wafda Saifan (Tardjo), Chicco Kurniawan (Dul), dan Fajar Nugra (Kaput) sebagai teknisi.

Selain para kadet, penonton juga bisa melihat gambaran sosok Halim Perdanakusuma yang diperankan ole Andri Mashadi dan Adisucipto yang diperankan Ibnu Jamil. Keduanya punya peran besar dalam membimbing dan mengatur strategi penyerangan.

Nama kedua tokoh tersebut kini juga diabadikan sebagai nama bandara. Itu untuk menghormati jasa-jasa mereka.

"Tentunya kita berharap generasi Z bisa merasakan betapa beratnya perjuangan Kemerdekaan dengan menonton film Kadet 1947. Dan saat ini adalah giliran mereka untuk mengisi kemerdekaan dengan membangun Indonesia," kata Celerina Judisari produser film Kadet 1947 saat ditemui di Jakarta baru-baru ini.

Tak hanya itu, para penerus bangsa ini memerlukan influencer-influencer yang membangun dan memacu semangat seperti tokoh Sigit, Mul, Har, dan Adji. Agar mereka bisa dapat lebih mencintai Indonesia.

Film Kadet 1947 dapat disaksikan oleh semua umur, sehingga sangat tepat jadi tontonan keluarga untuk mengisi hari libur merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.



Simak Video "Daftar Film soal Perjuangan, Cocok untuk Momen HUT RI ke-77"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT