ADVERTISEMENT

Joko Anwar Bicara Kemungkinan Soal Pengabdi Setan 3

Muhammad Ahsan Nurrijal - detikHot
Rabu, 03 Agu 2022 10:06 WIB
Pengabdi Setan 2: Communion
Foto: Pengabdi Setan 2: Communion (dok. Ahsan/detikcom)
Jakarta -

Tinggal menghitung hari film teranyar dari rumah produksi Rapi Films, Pengabdi Setan 2: Communion rilis di bioskop Tanah Air.

Walaupun begitu, Joko Anwar selaku sutradara menyebut sudah mempersiapkan sesuatu untuk film ketiga Pengabdi Setan nantinya. Dengan syarat sekuel ini harus sukses.

"Jadi di script ada beberapa yang gua tandain, yang gua tandain itu ada kelanjutannya di film berikutnya. Jadi kita akan bikin kelanjutannya, dengan catatan, filmnya harus sukses dulu," kata Joko Anwar saat melakukan konferensi pers di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (3/8/2022).

Lebih lanjut, arti 'sukses' menurut Joko Anwar bukanlah kesuksesan secara komersil.

"Sukses artinya apa, apakah sukses komersil? Nggak, sukses komersil tidak pernah menunjukan bahwa film itu sukses," tutur Joko Anwar.

Arti 'sukses' menurutnya adalah apakah ara penonton menyukai Pengabdi Setan 2: Communion dan menginginkan kelanjutan film tersebut atau tidak. Oleh karena itu, Joko Anwar berfokus pada character buiding para karakter agar setiap peran dalam film tersebut dapat dicintai.

"Sukses film itu seperti penonton yang menonton ingin mengetahui kelanjutannya, jadi bukan cuma angka, tapi juga orang harus cinta kepada para karakternya," terang Joko Anwar.

Oleh karena itu, akan ada atau tidaknya Pengabdi Setan ketiga bergantung kepada keinginan para penonon nantinya.

"Jadi apakah ada Pengabdi Setan ketiga, kita lihat penonton apakah cinta atau nggak sama karakter-karakter yang ada di karakter Pengabdi Setan ke-2," pungkasnya.

Sekadar informasi, Pengabdi Setan 2: Communion dijadwalkan tayang mulai 4 Agustus di seluruh bioskop di Tanah Air.

Penayangan perdana mereka di IMAX mendapatkan sambutan hangat dan pujian dari para penonton.

Hampir 100 persen mereka yang sudah menyaksikan film tersebut memberikan pujian, baik secara langsung atau pun di media sosial.



Simak Video "Kata Dokter Saraf soal Kaitan Flashlight ''Pengabdi Setan 2'' dengan Epilepsi"
[Gambas:Video 20detik]
(ahs/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT