ADVERTISEMENT

Joko Anwar Bangun Dunia Pengabdi Setan 2, Sulap Jakarta ke Era 80-an

Asep Syaifullah - detikHot
Jumat, 29 Jul 2022 16:40 WIB
Screenshoot trailer Pengabdi Setan 2: Communion.
Cuplikan adegan Pengabdi Setan 2: Communion. Dok. Rapi Film
Jakarta -

Film horor Pengabdi Setan 2: Communion menjadi salah satu tayangan yang paling dinantikan. Banyak yang penasaran dengan bagaimana sensasi dan pengalaman yang akan dihadirkan oleh Joko Anwar di film sekuel tersebut setelah meraih sukses di film pertama pada 2017.

Bagi sutradara Perempuan Tanah Jahanam itu, melanjutkan kisah Rini (Tara Basro) dan Ibu (Ayu Laksmi) bukanlah hal yang mudah. Ia perlu mematangkan konsep dan ide tersebut agar bisa lebih baik dibandingkan film pertamanya itu.

Untuk itu Joko Anwar pun menawarkan beragam hal baru dan perbaikan pada film Pengabdi Setan 2: Communion tersebut. Salah satunya adalah pembangunan dunia serta karakter di dalamnya.

"Yang kita tawarkan di PS (Pengabdi Setan) 2 mungkin berbeda dari film awalnya, kalau gue sendiri melihat di PS 1 masih ada beberapa kekurangan dari pembangunan dunianya, pembangunan karakter dan sebagainya," ujarnya saat ditemui detikcom di kantornya di kawasan Antasari, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Dalam membahas pembangunan dunia di dalam film, Joko Anwar menerangkan salah satunya pada scene di Jakarta, di mana ia membuat salah satu daerah ikonik di Ibukota tersebut jadi terlihat seperti di era '80-an. Efek CGI dan practical yang digunakan pun tampak begitu mulus seperti yang terlihat pada trailer yang akan dirilis pada Kamis (16/6).

Cuplikan adegan di Pengabdi Setan 2: Communion.Cuplikan adegan di Pengabdi Setan 2: Communion. Foto: Dok. Rapi Film

"Nah Jakarta Kota juga kita membangun dunia era '80-an, padahal kita syuting 2020 dengan bangunan dan mobil-mobil zaman sekarang. Jadi kita menggunakan CGI digabungkan dengan practical. Jadi kalau orang mungkin bikin CGI aja, tapi supaya meyakinkan kita juga bangun lokasi itu agar CGI-nya jadi lebih nyata," terang Joko Anwar usai memperlihatkan trailer tersebut.

Tak hanya itu saja, Joko Anwar juga memiliki formula khusus untuk film sekuel tersebut. Ia menjanjikan jika para penonton akan seperti menaiki wahana saat menyaksikan Pengabdi Setan 2.

"Di film ini kita perbaiki dan kita menciptakan sebuah wahana. Jadi ketika orang menonton Pengabdi Setan 2, mereka seperti masuk dalam sebuah wahana yang seru banget. Kalau Pengabdi Setan 1 kan mencekam, nah kalau Pengabdi Setan 2 itu mencekamnya kita naikan tapi ada elemen roller-coaster. Jadi lebih melibatkan emosi penonton," ungkapnya.

Tiket pre-sale Pengabdi Setan 2 sudah bisa dibeli sejak hari ini, Jumat (29/7). Dan film tersebut akan melakukan extra show di IMAX seluruh Indonesia pada 30 Juli besok, bertepatan dengan Malam Satu Suro.



Simak Video "Heboh Film 'Pengabdi Setan 2' Dapat Petisi Flash Warning"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT