ADVERTISEMENT

Catatan Hitam Shinzo Abe di The Journalist

tim detikhot - detikHot
Minggu, 10 Jul 2022 18:03 WIB
Shinzo Abe: Pembunuhan mengejutkan mantan perdana menteri yang bisa mengubah Jepang selamanya
Shinzo Abe Foto: BBC World
Jakarta -

Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe meninggal dunia. Ia menjadi korban penembakan saat pidato di Kota Nara, Jumat (8/6/2022) waktu setempat.

Japan Broadcasting Association NHK melaporkan bahwa Abe tertembak di dada dan dilarikan ke rumah sakit. Ia tak sadarkan diri, lalu meninggal dunia.

Shinzo Abe menjabat sebagai Perdana Menteri Jepang dua kali. Selama masa pemerintahannya, ada banyak kontroversi. Pada 2007, ada skandal serius di 'Moriyou Gakuen', yang diadaptasi menjadi film dibintangi Ryoko Yonekura.

Film drama Jepang 'The Journalist' dirilis pada platform streaming Netflix pada awal tahun. Setelah peluncuran 'The Journalist', reaksi sangat besar terjadi di Jepang, karena ceritanya menyinggung Shinzo Abe yang terlibat dalam skandal.

Dalam lakon itu, insiden dikisahkan menjadi tiga perspektif, yaitu wartawan, pejabat pemerintah, dan publik, yang menggambarkan keyakinan dan posisi masing-masing karakter.

Saat itu, karena kontennya yang melibatkan banyak politisi dan skandal, publisitasnya ditekan. Para aktornya gagal mempromosikan film itu di stasiun televisi, dan bahkan situs webnya diserang peretas.

Film itu kemudian dirilis oleh Netflix, dan dipuji oleh kritikus film Jepang Yuri Maeda. Banyak netizen juga memuji drama tersebut, karena memfilmkan subjek yang bikin banyak pihak di Jepang tak berani menyentuhnya.

Pada masa pemerintahan Shinzo Abe, ia disebut-sebut menjual tanah milik negara dengan harga murah kepada 'Moriyou Gakuen' dengan harga enam sen lebih rendah dari harga pasar untuk membangun sekolah dasar. Dalam skandal itu, istrinya, Akie Abe juga terlibat hingga terdaftar sebagai kepala sekolah kehormatan.

Setelah itu, Abe mengajukan keberatan dikaitkan dengan isu tersebut. Akie Abe juga menjelaskan, posisi kehormatan di sekolah itu disematkan tanpa persetujuan, dan dia hanya bisa menerimanya.

Diberitakan Kementerian Keuangan saat itu telah merusak 14 dokumen terkait. Isi dari perusakan tersebut antara lain penghapusan nama Akie Abe dan beberapa pejabat yang terlibat.

Makin mengejutkan, ketika pegawai negeri yang bertanggung jawab membeli tanah itu ditemukan tewas di rumahnya. Polisi mengidentifikasi itu sebagai bunuh diri.

Pada 2021, janda pegawai negeri yang bunuh diri itu menulis surat kepada Perdana Menteri Fumio Kishida. Ia berharap negara membuka kembali penyelidikan. Namun sayang sampai akhir hayat Shinzo Abe, berbagai tuduhan itu masih menjadi misteri.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Antrean Warga Jepang Beri Penghormatan Terakhir untuk Shinzo Abe"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT