ADVERTISEMENT

Siapa Hercules di Semesta Marvel?

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Kamis, 07 Jul 2022 17:30 WIB
Hercules dalam Marvel Comics.
(Foto: dok. Marvel Comics) Hercules pertama kali diperkenalkan lewat komik Young Allies volume 16 yang dirilis bulan Mei 1945. Dia pernah pacaran dengan Black Widow dan gabung Avengers.
Jakarta -

Spoiler Alert!

Semesta Marvel sudah punya Thor yang tak hanya populer di komik, tapi juga telah dihidupkan dalam film-film Marvel Studios selama lebih dari satu dekade. Thor merupakan sosok mencolok dari mitologi Norse. Dalam film Thor: Love and Thunder, kita diajak buat mengunjungi sebuah tempat bernama Kota Omnipotence tempat Dewa Zeus menggelar sebuah pertemuan dengan para Dewa.

Zeus merupakan sosok sentral dalam mitologi Yunani. Ini merupakan pertama kalinya Zeus diperkenalkan di MCU dan diperankan oleh Russel Crowe. Penampilan Russel Crowe sebagai Zeus sebenarnya tak seberapa dibandingkan kemunculan manusia setengah Dewa bernama Hercules di mid-post credit scene. Ini juga menjadi penampilan singkat perdana aktor Brett Goldstein memerankan sosok kenamaan di mitologi Yunani itu.

Siapa sih Hercules di semesta Marvel?

Hercules pertama kali diperkenalkan lewat komik Young Allies volume 16 yang dirilis bulan Mei 1945. Dia menjadi karakter komik Marvel di Era Emas. Kemudian memasuki Era Silver dia pertama kali muncul di Journey into Mystery Annual volume 1 yang dirilis Juni 1965. Karakter Hercules di Marvel Comics diciptakan oleh Charles Nicholas, Stan Lee, dan Jack Kirby,

Sejarah Hercules di komik Marvel terbilang panjang dan banyak terinspirasi dari cerita aslinya di mitologi Yunani. Namun di era modern, Hercules adalah sosok yang dekat dengan Avengers. Di mid-post credit scene Thor: Love and Thunder kita dapat menangkap kesan villain dari Hercules karena narasi dari Zeus yang berniat balas dendam pada apa yang dilakukan Thor. Akankah Marvel Studios menjadikan dia sebagai musuh Thor selanjutnya?

Hercules dalam Marvel Comics.Hercules dalam Marvel Comics. Foto: dok. Marvel Comics

Di komik, Hercules sering membantu Avengers. Avengers juga dengan tangan terbuka menyambut Hercules di Bumi ketika dia diusir oleh Zeus akibat kerap curi-curi datang ke Bumi tanpa izin. Hercules memang 50 persen Dewa dan 50 persen manusia, sehingga dia pun dapat beradaptasi hidup di Bumi dengan sangat baik.

Dalam kisahnya, sejak kecil dia sudah punya kekuatan sehingga ketika bertemu dengan Avengers, dia pun dapat memberikan pertolongan yang layak. Hubungan Hercules dengan manusia Bumi sering terjadi di komik hingga suatu saat Hercules memilih menetap di kawasan West Coast untuk membentuk tim super bernama Champions of Los Angeles.

Hercules juga pernah pacaran dengan Black Widow. Sayangnya hubungan ini tidak berjalan begitu mulus, namun hubungan pertemanan mereka tetap terjaga. Meski punya tim jagoan sendiri, Hercules tetap berhubungan dengan Avengers hingga akhirnya di satu titik dia pun menjadi anggota Avengers.

Hercules juga jadi salah satu Avengers yang ikut bertarung di Civil War dalam komik. Momen besar dalam komik tersebut adalah ketika Hercules berhasil menggunakan palu Thor. Selain itu, dia juga menjadi salah satu karakter yang terlibat dalam kejadian-kejadian di Secret Invasion. Tentu saja sepanjang perjalanan karakter ini di komik ada banyak hal yang terjadi padanya termasuk bertemu dengan Spider-Man, jadi bartender di sebuah bar Yunani di Brooklyn, hingga bertemu Guardians of the Galaxy.

Sebagai setengah Dewa, Hercules dianugerahi kekuatan layaknya seorang Dewa. Dia punya kaki yang kuat dan membuatnya bisa melompat tinggi dan jauh. Hercules juga bisa menciptakan getaran super dengan tepukan tangan atau jejakan kaki, supercepat, refleks yang baik, otot-otot yang kuat, dan kebal terhadap cedera fisik dalam bentuk apapun. Hercules juga immortal alias tidak bisa mati.

Dengan diperkenalkannya Hercules di MCU, kita bisa berharap Marvel Studios bakal membuatkan sosok Dewa Yunani ini proyek solo pertamanya. Enam episode serial di Disney+ pun tak apa!

(aay/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT