Joko Anwar Beberkan Beda Pengabdi Setan 2 dan Pertama

ADVERTISEMENT

Joko Anwar Beberkan Beda Pengabdi Setan 2 dan Pertama

Asep Syaifullah - detikHot
Kamis, 16 Jun 2022 15:27 WIB
Pengabdi Setan 2
Poster film Pengabdi Setan 2. Dok. Instagram
Jakarta -

Pada menjelang akhir 2017 publik diteror oleh sosok Ibu (Ayu Laksmi) yang begitu ikonik di Pengabdi Setan. Sesuai janjinya sebelumnya, sang sutradara Joko Anwar berhasil membuat standar baru di industri film horor Tanah Air.

Respon positif pun diberikan oleh para penonton di dunia maya dan juga hampir seluruh media memuji film yang dibintangi Tara Basro tersebut. Bahkan film itu pun seolah menjadi salah satu perwakilan budaya pop di tahun-tahun tersebut.

Kini Joko Anwar kembali muncul dengan membawa sekuel dari perjalanan Rini dan keluarganya itu. Ia pun tak menampik jika itu merupakan salah satu langkah yang berani diambilnya.

Meski begitu sutradara berusia 46 tahun itu juga memiliki alasan dan pertimbangan sebelum melakukannya. Joko merasa ada banyak hal yang lebih baik dari segala aspek yang ditawarkan pada Pengabdi Setan 2.

"Yang kita tawarkan di PS (Pengabdi Setan) 2 mungkin berbeda dari film awalnya, kalau gue sendiri melihat di PS 1 masih ada beberapa kekurangan dari pembangunan dunianya, pembangunan karakter dan sebagainya," ujarnya saat ditemui detikcom di kantornya di kawasan Antasari, Jakarta Selatan.

Dalam membahas pembangunan dunia di dalam film, Joko Anwar menerangkan salah satunya pada scene di Jakarta di mana ia membuat salah satu daerah ikonik di Ibukota tersebut jadi terlihat seperti di era '80-an. Efek CGI dan practical yang digunakan pun tampak begitu mulus seperti yang terlihat pada trailer yang akan dirilis pada Kamis (16/6).

"Nah Jakarta Kota juga kita membangun dunia era '80-an, padahal kita syuting 2020 dengan bangunan dan mobil-mobil zaman sekarang. Jadi kita menggunakan CGI digabungkan dengan practical. Jadi kalau orang mungkin bikin CGI aja, tapi supaya meyakinkan kita juga bangun lokasi itu agar CGI-nya jadi lebih nyata," terang Joko Anwar usai memperlihatkan trailer tersebut.

Tak hanya itu saja, Joko Anwar juga memiliki formula khusus untuk film sekuel tersebut. Ia menjanjikan jika para penonton akan seperti menaiki wahana saat menyaksikan Pengabdi Setan 2.

"Di film ini kita perbaiki dan kita menciptakan sebuah wahana. Jadi ketika orang menonton Pengabdi Setan 2, mereka seperti masuk dalam sebuah wahana yang seru banget. Kalau Pengabdi Setan 1 kan mencekam, nah kalau Pengabdi Setan 2 itu mencekamnya kita naikan tapi ada elemen roller-coaster. Jadi lebih melibatkan emosi penonton," ungkapnya.

Pengabdi Setan 2 dijadwalkan tayang pada 4 Agustus mendatang. Film produksi Rapi Film tersebut masih diisi oleh bintang-bintang sebelumnya seperti Tara Basro, Endy Arfian hingga Bront Palarae.



Simak Video "Heboh Film 'Pengabdi Setan 2' Dapat Petisi Flash Warning"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT