Proyek Film Musikal Wicked Dibuat Dua Bagian

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Kamis, 28 Apr 2022 11:50 WIB
Pernikahan Ariana Grande
(Foto: Instagram @arianagrande) Ariana Grande perankan Glinda di Wicked.
Jakarta -

Ariana Grande dan Cynthia Erivo digaet buat memerankan Glinda dan Elphaba diadaptasi layar lebar dari musikal legendaris Wicked. Disutradarai oleh Jon M. Chu yang sebelumnya sukses dengan musikal In the Heights dan komedi-romantis Crazy Rich Asians, film Wicked akan diproduksi dalam dua bagian.

Jon M. Chu menulis di media sosialnya mengenai kabar ini. Dia mengisyaratkan persiapan buat produksi sudah dilakukan sejak tahun 2021 dan terjadi banyak diskusi soal bagaimana dia dan tim produksi akan menghidupkan cerita para penyihir di Oz ke dalam durasi film layar lebar.

"Ketika kami mempersiapkan produksi ini sepanjang tahun lalu, jadi sangat jelas bahwa akan mustahil rasanya mengangkat Wicked ke dalam satu film tanpa cacat. Kami mencoba memangkas lagu hingga menghilangkan karakter-karakter, tapi keputusan itu mulai terasa seperti sebuah kompromi yang fatal untuk materi yang sudah menghibur kita selama bertahun-tahun," buka Jon M. Chu dalam keterangannya.

Oleh karena itu, menurut dia, lewat berbagai pertimbangan akhirnya Wicked akan dibuat dalam dua bagian. Sehingga dia dan tim kreatif dalam produksi ini bisa benar-benar memaksimalkan durasi dalam menampilkan semua cerita yang ingin disajikan sesuai dengan visi kreatif sang sutradara.

"Kami memutuskan untuk memberi kanvas yang lebih besar dan membuat dua film Wicked. Dengan lebih banyak ruang, kami bisa menceritakan cerita Wicked sesuai dengan aslinya namun di saat yang sama juga lebih mendalam dan mengejutkan dari karakter-karakter yang kita cintai ini," tutup dia.

Saat ini dua bagian Wicked masih belum diumumkan judul resminya apa, tapi kita bisa sebut saja Wicked: Part 1 dan Wicked: Part 2. Rencananya bagian pertama dari film ini akan tayang Desember 2024 dan bagian keduanya menyusul setahun kemudian di Desember 2025.

Yang pasti dengan dipecahnya Wicked jadi dua film, penonton akan bisa mendengarkan lagu-lagu ikonik dalam dua film berbeda. Lagu seperti Popular dan Defying Gravity kemungkinan besar akan ditampilkan di film pertama, sementara No Good Deed dan For Good bisa jadi muncul di film kedua.

Wicked merupakan musikal yang ditulis Winnie Holzman dan musik serta lirik garapan Stephen Schwartz. Kisahnya diangkat dari novel Gregory Maguire berjudul Wicked: The Life and Times of the Wicked Witch of the West. Novel tersebut dibuat berdasarkan novel L. Frank Baum yang dirilis tahun 1900 dan film The Wizard of Oz yang memenangkan Oscar pada tahun 1939.

(aay/pus)