Curhat Fajar Nugros soal Tantangan Jadi Sutradara Srimulat: Hil yang Mustahal

Hanif Hawari - detikHot
Sabtu, 23 Apr 2022 21:26 WIB
Film Srimulat: Hil yang Mustahal menggelar konferensi pers pada Jumat (22/4/2022) di CGV Grand Indonesia, Jakarta.
(Foto: Hanif/detikcom) Fajar Nugros akui kesulitan dalam menggarap film Srimulat: Hil yang Mustahal. Begini penuturan sang sutradara.
Jakarta -

Fajar Nugros akui kesulitan dalam menggarap film Srimulat: Hil yang Mustahal. Ini karena dirinya ingin seluruh karakter dalam film tersebut menonjol, tidak timpang satu dengan yang lainnya.

Fajar Nugros menyebutkan dia butuh waktu bertahun-tahun hingga akhirnya bisa membuat ide cerita film tersebut. Lantaran sejarah dan perjalanan karier kelompok lawak Srimulat diakuinya memang sulit dipahami.

"Berapa lama develop? Ada 4 tahun lebih sebelum ke saya, terus 3 tahun saya sama MNC udah meriset berbagai macam karena kita merasa tahu srimulat tapi ternyata kita gak tahu banyak," kata Fajar Nugros di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

"Saya riset panjang dari artikel serius, tesis mahasiswa, pemain yang masih hidup, keluarga pemain lainnya, dan semua beri fakta dan kisah hidup yang bisa kita rangkai di filmnya. Kita kenalkan ulang Srimulat dan latar mereka temukan karakter yang kita kenal gimana cara semuanya mendapatkan karakter mereka masing-masing," sambungnya.

Fajar Nugros merasa perlu menonjolkan keseluruhan karakter Srimulat dengan sangat baik. Hal itulah yang menyita waktu dan tenaga sutradara kondang Tanah Air tersebut.

"Sulit karena ini Srimulat tapi kita gambarkan per karakter jadi nggak ada yang cuma tempelan. Ini langsung 1 film tapi semua harus digambarkan. Harus tunjukkan komedi Srimulat itu sulit juga. Ini bukan komedi Warkop bukan komedi komika, itu yang kita harus cari," pungkasnya.

Film Srimulat: Hil yang Mustahal bercerita tentang masa-masa ketika karier Srimulat mulai menanjak. Srimulat saat itu menjadi grup komedi pertama yang tampil di televisi nasional Indonesia.

Sejumlah aktor terkenal terlibat dalam proyek film ini, di antaranya Bio One sebagai Gepeng, Elang El Gibran sebagai Basuki, Dimas Anggara sebagai Timbul, Ibnu Jamil sebagai Tarzan, Teuku Rifnu Wikana sebagai Asmuni, Erick Estrada sebagai Tessy, Zulfa Maharani sebagai Nunung, Morgan Oey sebagai Paul, Naimma Aljufri sebagai Ana, Rukman Rosadi sebagai Teguh, Erika Carlina sebagai Djujuk, Indah Permatasari sebagai Royani, dan Rano Karno sebagai Babeh Makmur.

Film Srimulat: Hil yang Mustahal telah dipastikan akan tayang pada tanggal 19 Mei 2022.

(hnh/aay)