Waduh! Keanu Reeves Di-blacklist China

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Kamis, 21 Apr 2022 05:00 WIB
Keanu Reeves
Keanu Reeves di-blacklist China. Dok. YouTube/The Drew Barrymore Show
Jakarta -

Siapa yang tidak jatuh hati pada Keanu Reeves? Bintang utama dalam The Matrix ini sukses dikenal sebagai salah satu aktor internasional yang disukai oleh banyak orang. Namun kini aktor berusia 57 tahun itu justru dikabarkan masuk dalam daftar hitam pemerintah China.

Ia di-blacklist dari sejumlah layanan platform streaming China belum lama ini. Hal itu terjadi setelah sang aktor sempat menghadari acara konser Tibet House Benefit ke-35.

Mengetahui hal tersebut, pemerintah China dilaporkan menghapus sejumlah film yang dibintangi oleh Keanu Reeves dari berbagai platform streaming, seperti Tencent Video, Youku, dan Migu Video. Selain Reeves, acara konser tersebut juga dihadiri oleh Laurie Anderson, Patti Smith, Cyndi Lauper dan juga Iggy Pop.

China diketahui menolak kemerdekaan Tibet. Bahkan, pemerintah China juga sudah lama memprovokasi para seniman dan publik figur dunia untuk tidak memberikan bentuk dukungan mereka terhadap kemerdekaan Tibet.

Namun, Keanu Reeves justru terlihat ikut berpartisipasi dalam acara tersebut. Tindakan Reeves tentu berhasil mengundang kritikan dari para nasionalis Tiongkok.

Padahal, saat itu Reeves sedang menjalankan acara promosi film terbarunya, The Matrix Resurrections di China. Tetapi, karena aktor tersebut dikabarkan hadir dalam acara konser Tibet House Benefit, filmnya itu langsung diboikot oleh para nasionalis China.

Dampak dari kejadian itu, film The Matrix Resurrection pun gagal menduduki puncak box office China dan tak meraup pendapatan yang maksimal.

Tak sampai situ, pemerintah China juga memberikan tindakan keras terhadap Keanu Reeves. Sejumlah film yang memuat penampilan Reeves dihapus dari berbagai platform streaming milik China.

Menurut laporan, kurang lebih sebanyak 19 judul film yang dihilangkan dari Tencent Video. Sedangkan Youku dan Migu Video menghilangkan seluruh filmnya, kecuali Toy Story 3 karena Reeves hanya menjadi salah satu pengisi suara karakter dalam film tersebut.

Bilibili dan Xigua Video juga menghapus beberapa film Reeves. Sedangkan dalam platform iQiyi, pengguna tidak dapat melakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci Keanu Reeves.

Dengan demikian, Keanu Reeves pun seperti dihilangkan oleh China seperti yang juga pernah dialami oleh Richard Gere.



Simak Video "Keanu Reeves Donasikan Sebagian Pendapatan dari 'The Matrix' "
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)