ADVERTISEMENT

Skor Busuk, Pendapatan Fantastic Beasts 3 di Pekan Pertama Buruk

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Rabu, 20 Apr 2022 13:48 WIB
Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore
(Foto: dok. WarnerBros.) Pendapatan Fantastic Beasts di pekan pertamanya ini bisa jadi penentuan keputusan Warner Bros. untuk melanjutkan waralaba ini atau tidak.
Jakarta -

Meski masuk kategori menyenangkan buat ditonton dan dapat skor penonton yang lebih baik dari skor kritik di Rotten Tomatoes, Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore rupanya jeblok di box office. Pendapatan di pekan pertamanya hanya US$43 juta (sekitar Rp617 juta) di Amerika Utara saja dan ini bukan angka yang menyenangkan buat Warner Bros.

Meski begitu, pendapatan film ketiga Fantastic Beasts ini lebih baik di luar Amerika Utara. Dari seluruh dunia, The Secrets of Dumbledore berhasil meraup US$193 juta atau sekitar Rp2,7 triliun. Tapi angka ini belum membuatnya balik modal mengingat budget film ini sendiri mencapai US$200 juta.

Pendapatan Fantastic Beasts di pekan pertamanya ini bisa jadi penentuan keputusan Warner Bros. untuk melanjutkan waralaba ini atau tidak. Seperti diketahui dalam rencana besar, studio tersebut akan membuat lima film Fantastic Beasts.

Di situs agregator Rotten Tomatoes, The Secrets of Dumbledore masuk kategori busuk dengan skor kritik hanya 49% saja. Dengan perolehan skor ini, The Secrets of Dumbledore lebih unggul dari Crimes of Grindelwald tapi terlampau jauh dari film pertamanya, atau juga dari film-film Harry Potter terdahulu. Sementara itu skor penonton jauh lebih tinggi di angka 79% dan dapat label fresh.

Skor Rotten Tomatoes hingga pendapatan di pekan pertama ini menambah deretan kabar buruk dari The Secrets of Dumbledore. Sebelumnya perjalanan film ini juga tidak mulus mulai dari pergantian pemeran utama hingga deretan kasus yang melibatkan Ezra Miller.

Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore melanjutkan cerita film kedua. Setelah kejadian di Paris, banyak orang yang mati menentang Grindelwald (kini diperankan Mads Mikkelsen, sebelumnya diperankan Johnny Depp) tapi di saat yang sama dia juga mulai banyak pengikut. Statusnya yang buron membuat seluruh sudut dunia sihir memasang poster wajah Grindelwald. Albus Dumbledore (diperankan Jude Law) tentu saja tidak tinggal diam karena dia merasa bertanggung jawab dengan ambisi besar sang penyihir hitam nomor wahid dalam satu abad terakhir itu. Kini dia ikut turun ke lapangan dengan sebuah rencana yang membingungkan.

Bersama dengan geng penyihir putih yang beranggotakan Newt Scamander (Eddie Redmayne), Theseus Scamander (Callum Turner), Jacob Kowalski (Dan Fogler), Jessica Williams (Lally Hicks), Victoria Yeates (Bunty Broadacre), dan Yusuf Kama (William Nadylam), Albus membentuk apa yang nantinya dikenal dengan nama Dumbledore's Army (Laskar Dumbledore) di cerita Harry Potter. Ini adalah Laskar Dumbledore versi OG sebelum Voldemort jadi penyihir paling jahat berikutnya.

Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore menampilkan secara terang-terangan kisah cinta antara Dumbledore dan Grindelwald. Hubungan sesama jenis itu sayangnya harus kena sensor di China dengan dihapusnya sebagian dialog antara dua karakter utama tersebut.

"Sebagai sebuah studio, kami berkomitmen untuk menjaga integritas setiap film yang kami rilis, dan itu mencakup keadaan yang mengharuskan membuat pemotongan bernuansa untuk merespons secara sensitif terhadap berbagai faktor di pasar," kata studio Warner Bros. dalam sebuah pernyataan.

(aay/ass)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT