Will Smith hingga Harvey Weinstein, Daftar Sineas yang Di-Black List Oscar

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Minggu, 10 Apr 2022 21:02 WIB
Will Smith, right, hits presenter Chris Rock on stage while presenting the award for best documentary feature at the Oscars on Sunday, March 27, 2022, at the Dolby Theatre in Los Angeles. (AP Photo/Chris Pizzello)
Aksi Will Smith menampar Chris Rock. Foto: Chris Pizzello/Invision/AP/Chris Pizzello
Jakarta -

The Academy resmi memasukkan Will Smith ke daftar hitam usai insiden tamparan yang dilakukannya buat Chris Rock di panggung Oscar 2022. Will Smith dilarang tampil di semua acara yang berkaitan dengan Oscar dan The Academy selama satu dekade.

"Hari ini (Jumat, 8 April 2022) Dewan Gubernur melakukan pertemuan untuk mendiskusikan bagaimana sebaiknya kami merespons aksi Will Smith di Oscar, bersamaan dengan kami menerima pengunduran dirinya. Dewan Gubernur memutuskan, selama 10 tahun sejak 8 April 2022, Will Smith dilarang untuk menghadiri acara yang berkaitan dengan Academy, secara langsung maupun virtual, termasuk dan tidak terbatas pada Academy Awards," tulis The Academy lewat pernyataan resminya.

Dalam pernyataan yang sama, komite Oscar juga kembali meminta maaf atas insiden yang terjadi di panggung saat siaran langsung. Mereka mengutarakan permintaan maaf buat para tamu, anggota Academy, dan penonton di seluruh dunia.

The Academy juga mengutarakan rasa terima kasihnya kepada Chris Rock yang bisa tetap menjalankan tugas meski mendapat insiden di atas panggung. Juga deretan pembawa acara, presenter, dan pemenang yang bisa terus melanjutkan upacara penyerahan penghargaan sampai akhir.

"Tindak lanjut atas perilaku Will Smith yang kami buat ini adalah langkah demi tujuan besar melindungi semua penampil dan tamu, dan juga mengembalikan kepercayaan kepada Academy. Kami juga berharap ini sebagai awal untuk memulai pemulihan untuk semua yang terlibat dan terdampak," tutup mereka.

Sebelum Will Smith, ada beberapa nama juga yang mendapat perlakuan yang sama dari The Academy. Mereka ditendang dan masuk daftar hitam karena skandal-skandal yang berbeda. Berikut daftarnya:

1. Carmine Caridi

Pemeran The Godfather Part II, Carmine Caridi, merupakan orang pertama yang masuk daftar hitam The Academy. Hal ini lantaran dirinya ketahuan menyebarkan file film bajakan ke internet di tahun 2004. Aktor kelahiran 23 Januari 1934 itu pernah main juga dalam film Top Dog (1995), Summer Rental (1985), hingga Split Decisions (1988).

2. Harvey Weinstein

Produser Harvey Weinstein yang memproduksi film-film seperti Shakespeare In Love hingga Kill Bill, dikeluarkan dari The Academy setelah deretan pelecehan seksual yang dilakukannya. Namun piala Oscar-nya tidak dibatalkan.

3. Bill Cosby

Komedian dan aktor Bill Cosby juga dikeluarkan dari The Academy setelah dinyatakan bersalah melakukan pelecehan seksual di tahun 2018. Bill Cosby dikenal lewat film-film komedi seperti Jack (1996), Ghost Dad (1990), hingga Fat Albert (2004).

4. Roman Polanski

Sutradara Roman Polanski dikeluarkan dari The Academy di tahun yang sama dengan Bill Cosby. Keduanya sama-sama kena skandal pelecehan seksual di industri film Hollywood yang ramai dibicarakan publik. Tudingan buat Roman Polanski sudah beredar lebih dari satu dekade di Hollywood tapi dia tetap memenangkan piala Oscar meski kabar tersebut jadi rahasia umum.

5. Adam Kimmel

Sinematografer Adam Kimmel dikeluarkan tahun 2021 oleh The Academy. Adam Kimmel juga diketahui pernah melakukan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur.

(sro/dar)