Will Smith Dilarang Tampil di Oscar 10 Tahun Imbas Tampar Chris Rock

ADVERTISEMENT

Will Smith Dilarang Tampil di Oscar 10 Tahun Imbas Tampar Chris Rock

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Sabtu, 09 Apr 2022 14:03 WIB
Will Smith cries as he accepts the award for best performance by an actor in a leading role for King Richard at the Oscars on Sunday, March 27, 2022, at the Dolby Theatre in Los Angeles. (AP Photo/Chris Pizzello)
The Academy melarang WIll Smith tampil di Oscar selama 10 tahun. Foto: Chris Pizzello/Invision/AP/Chris Pizzello
Jakarta -

The Academy akhirnya mengeluarkan keputusan buat Will Smith. Hal ini terkait insiden tamparan pemenang Oscar buat kategori Best Actor di film King Richard itu buat Chris Rock di siaran langsung Oscar 2022. Will Smith dilarang tampil di Oscar selama satu dekade.

Pada Jumat (8/4/2022) waktu setempat, komite Academy of Motion Pictures Arts & Sciences menggelar pertemuan dan mendiskusikan permasalahan Will Smith. Mereka pun melakukan voting buat pengambilan keputusan.

Semua setuju untuk melarang Will Smith tampil dan terlibat dalam semua acara yang berhubungan dengan The Academy dalam kurun waktu 10 tahun ke depan. Berikut ini pernyataan resmi dari The Academy:

"Hari ini Dewan Gubernur melakukan pertemuan untuk mendiskusikan bagaimana sebaiknya kami merespons aksi Will Smith di Oscar, bersamaan dengan kami menerima pengunduran dirinya. Dewan Gubernur memutuskan, selama 10 tahun sejak 8 April 2022, Will Smith dilarang untuk menghadiri acara yang berkaitan dengan Academy, secara langsung maupun virtual, termasuk dan tidak terbatas pada Academy Awards," tulis The Academy lewat pernyataan resminya.

Dalam pernyataan yang sama, komite Oscar juga kembali meminta maaf atas insiden yang terjadi di panggung saat siaran langsung. Mereka mengutarakan permintaan maaf buat para tamu, anggota Academy, dan penonton di seluruh dunia.

The Academy juga mengutarakan rasa terima kasihnya kepada Chris Rock yang bisa tetap menjalankan tugas meski mendapat insiden di atas panggung. Juga deretan pembawa acara, presenter, dan pemenang yang bisa terus melanjutkan upacara penyerahan penghargaan sampai akhir.

"Tindak lanjut atas perilaku Will Smith yang kami buat ini adalah langkah demi tujuan besar melindungi semua penampil dan tamu, dan juga mengembalikan kepercayaan kepada Academy. Kami juga berharap ini sebagai awal untuk memulai pemulihan untuk semua yang terlibat dan terdampak," tutup mereka.

Seperti diketahui, insiden di panggung Oscar 2022 bermula saat Chris Rock naik ke atas panggung untuk membacakan nominasi Best Documentary Features. Sang komika itu pun membuat lelucon soal Javier Bardem dan sang istri, Penelope Cruz, yang mendapatkan nominasi di Oscar. Kemudian ia pun mulai membahas penampilan Jada Pinkett Smith dengan rambut plontos yang dimiripkan dengan film GI Jane.

"Jada, aku sayang padamu. GI Jane 2, tak sabar untuk melihatnya. Wow, itu film yang bagus kok," tuturnya.

Awalnya Will Smith terlihat tertawa dengan beberapa candaannya. Namun, tiba-tiba saja ia berjalan ke arah panggung. Tanpa kata-kata, ia pun menampar wajah Chris Rock dengan keras dan turun lagi.

Beberapa waktu kemudian Will Smith membuat permintaan maaf secara terbuka lewat akun Instagram-nya.

"Aku secara terbuka ingin meminta maaf kepadamu, Chris," tulisnya dalam sebuah unggahan.

"Aku melewati batas dan aku salah. Aku sangat malu dan aksiku itu bukanlah perilaku dari sosok pria yang aku inginkan. Tidak ada tempat untuk kekerasan di dunia yang penuh cinta dan kebaikan," lanjut Will Smith.



Simak Video "Will Smith Diminta Rehat oleh Kerabat Dekatnya"
[Gambas:Video 20detik]
(aay/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT