Halle Berry Kecewa Masih Jadi Satu-satunya Wanita Kulit Hitam di Oscar

ADVERTISEMENT

Halle Berry Kecewa Masih Jadi Satu-satunya Wanita Kulit Hitam di Oscar

Asep Syaifullah - detikHot
Jumat, 25 Mar 2022 20:04 WIB
HOLLYWOOD, CA - FEBRUARY 26:  Halle Berry attends the 89th Annual Academy Awards at Hollywood & Highland Center on February 26, 2017 in Hollywood, California.  (Photo by Frazer Harrison/Getty Images)
Halle Berry saat hadiri ajang Oscar. Dok. Getty Images
Jakarta -

Aktris Halle Berry sempat meraih Oscar pada 2002 lalu untuk kategori utama yakni Best Actress. Ia pun menjadi wanita kulit hitam pertama yang meraih piala tersebut dan ternyata hal itu masih tak berubah juga.

Ia pun merasa kecewa dan hancur karena tak ada lagi perubahan di ajang tersebut. Hal itu diungkapkannya dalam sebuah wawancara bersama The New York Times.

"Itu tidak membuka pintu," kata Berry, yang membawa pulang gelar yang didambakan 20 tahun lalu untuk perannya di Monster's Ball.

"Fakta bahwa tidak ada orang yang berdiri di sampingku sungguh memilukan."

Saat itu, kata Berry, dia tidak pernah berharap untuk menang. Cuplikan momen di Oscar 2002 menunjukkan dia benar-benar tak percaya jika dirinya bisa memenangkan piala tersebut.

Ia pun berkali-kali mengucapkan 'Ya Tuhan, oh Tuhan' berulang-ulang. Di atas panggung sambil mencengkram piala emasnya itu dan terisak-isak ia mengatakan jika ini adalah momen yang sangat besar di hidupnya.

Halle Berry pun mendedikasikan kemenangannya untuk Dorothy Dandridge, Diahann Carroll, Angela Bassett, dan wanita kulit hitam lainnya yang dinominasikan sebelumnya.

"Ini untuk setiap wanita kulit berwarna tanpa nama dan tanpa wajah yang sekarang memiliki kesempatan karena pintu malam ini telah dibuka," katanya.

Pada malam yang sama, Denzel Washington menjadi orang kulit hitam kedua yang memenangkan Aktor Terbaik. Dalam dua dekade sejak itu, dua pria kulit hitam lagi, Jamie Foxx dan Forest Whitaker, telah memenangkan Oscar Aktor Terbaik, tetapi Berry tetap menjadi satu-satunya wanita kulit hitam yang memenangkan penghargaan akting teratas untuk wanita.

Delapan tahun berlalu sebelum wanita kulit hitam lainnya bahkan dinominasikan dalam kategori tersebut, dan itu terjadi hanya enam kali sejak itu. Tidak ada wanita kulit hitam yang dinominasikan untuk penghargaan Best Actress tahun ini.

Mulai dari Jessica Chastain hingga Penelope Cruz dan Kristen Stewart berlomba untuk mendapatkan piala tersebut. Aksi memukau Jessica Chastain di The Eyes of Tammy Faye pun membuat dirinya diyakini berhak membawa pulang piala tersebut, namun Penelope Cruz juga dianggap sebagai salah satu kandidat kuat lewat penampilannya di Parallel Mothers.



Simak Video "Suasana Persiapan Oscar 2022 yang Digelar di Dolby Theatre Hollywood"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/tia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT