ADVERTISEMENT

Giliran Steven Spielberg Protes Keputusan Komite Oscar 2022

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Selasa, 08 Mar 2022 15:48 WIB
CUPERTINO, CA - MARCH 25: Filmmaker Steven Spielberg attends an Apple product launch event at the Steve Jobs Theater at Apple Park on March 25, 2019 in Cupertino, California. Apple Inc. announced the launch of its new video streaming service, and also unveiled a premium subscription tier to its News app. (Photo by Michael Short/Getty Images)
(Foto: Michael Short/Getty Images) Steven Spielberg merasa keputusan The Academy merekam pengumuman 8 kategori lalu di-edit ke siaran langsung merupakan hal yang salah.
Jakarta -

Oscar 2022 dinantikan, namun juga dikritik atas keputusan komite Academy Awards yang memilih merekam pengumuman pemenang 8 kategori alih-alih menyertakannya dalam siaran langsung. Kini giliran Steven Spielberg yang buka suara.

Kontroversi soal keputusan Oscar 2022 ini telah dikomentari sederet sutradara lain. Sebelumnya sutradara Dune, Denis Villeneuve, dan sutradara film The Power of the Dog, Jane Campion, menyuarakan reaksi keras mereka terhadap keputusan The Academy.

Di ajang Oscar 2022 ini, The Academy memutuskan akan ada 8 penghargaan yang pengumumannya tidak akan ditayangkan dalam siaran langsung. Di antaranya adalah kategori Documentary (Short), Film Editing, Makeup and Hairstyling, Music (Original Score), Production Design, Short Film (Animated), Short Film (Live Action), dan Sound. Pengumuman 8 kategori itu akan direkam terlebih dahulu lalu di-edit dan diselipkan ke acara utama.

Menurut Steven Spielberg, itu merupakan keputusan yang salah. Dalam sebuah wawancara dengan Deadline, sutradara West Side Story itu menyinggung soal bagaimana seharusnya The Academy dan para pekerja film berada di jalur yang sama.

"Aku tidak setuju dengan keputusan komite Oscar. Aku sangat yakin bahwa mungkin film adalah medium paling kolaboratif di dunia. Semua (tim produksi) bekerja sama membuat film, menjadi keluarga dan saling membutuhkan. Kurasa di Academy Awards tidak ada yang berada di atas garis, atau di bawah garis. Kita semua ada di garis yang sama, menampilkan cerita terbaik yang kami bisa," kata Steven Spielberg.

Sang sutradara berkaca lewat proyek-proyek akbarnya dan bagaimana tim produksi bisa menciptakan dan meneruskan visinya sebagai sutradara. Sehingga Steven Spielberg yakin bahwa apa yang dilakukan oleh The Academy ini bukan keputusan yang bijak.

West Side Story disutradarai Steven Spielberg, diadaptasi dari musikal Broadway tahun 1957.West Side Story disutradarai Steven Spielberg, diadaptasi dari musikal Broadway tahun 1957. Foto: dok. 20thcenturystudios.asia.id

"Kami bekerja sama menciptakan keajaiban dan aku merasa sedih tidak semua tampil dalam siaran langsung untuk menyaksikan keajaiban. Semua berhak punya momen di bawah sorot cahaya. Semua pemenang berhak mengucapkan pidato kemenangannya," lanjut dia.

Steven Spielberg lewat West Side Story dinominasikan ke dalam 7 kategori di Oscar 2022. Dua di antaranya adalah kategori yang dipermasalahkan yakni Sound dan Production Design. Lima kategori lain yang diraih West Side Story termasuk Best Picture, Best Director, Best Supporting Actress, Best Costume Design, dan Best Cinematography.

(aay/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT