Robert Pattinson Kembalikan Citra Batman di Film Baru dengan Cara Ini

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 25 Jan 2022 16:10 WIB
Poster baru The Batman yang diperankan Robert Pattinson sebagai Batman dan Zoƫ Kravitz sebagai Catwoman.
(Foto: dok. WarnerBros.) Robert Pattinson Kembalikan Citra Batman di Film Baru dengan Cara Ini
Jakarta -

Robert Pattinson menjanjikan sesuatu yang berbeda lewat perannya Bruce Wayne atau Batman dalam film The Batman arahan Matt Reeves. Dia juga akan mengembalikan citra Batman yang sempat pudar di adaptasi film dari DCEU sebelumnya.

Dalam sebuah wawancara dengan Premiere Magazine, Robert Pattinson memberi detail soal karakter Batman di The Batman. Dijelaskan oleh aktor Twilight itu, Batman versinya akan kembali menganut 'aturan tanpa membunuh'.

Sepanjang sejarah adaptasi Batman ke layar, hal ini sudah jadi kode moral dari sang pahlawan super. Sehingga ketika versi Ben Affleck menampilkan Batman membunuh musuh yang dihadapinya, adaptasi Batman tersebut pun menuai kritikan di kalangan fans.

"Ini adalah peraturan yang diyakini Batman: dia tidak boleh membunuh. Ini bisa berarti dua hal. Antara dia ingin memberikan hukuman yang pantas, atau dia sebenarnya memang ingin membunuh namun mampu mengontrol dirinya untuk tidak melakukan itu," kata Robert Pattinson dalam wawancara tersebut.

Tidak akan ada adegan Batman membunuh para penjahat di The Batman. Namun bukan berarti aksinya tidak akan membuat mereka merasakan kesakitan. Hal ini juga jadi salah satu hal yang dipertimbangkan oleh Robert Pattinson dalam pengembangan karakter Batman versinya.

"Aku bilang ke diriku sendiri, kalau dia menghabiskan waktu di malam hari mengejar penjahat, mustahil dia tidak merasakan kepuasan. Dia menderita dan keinginan menumpas penjahat itu menguasai dirinya," lanjut Robert Pattinson.

'Aturan tanpa membunuh' sebelumnya sudah ditampilkan dalam sederet adaptasi film Batman. Sebut saja Batman Begins versi Christopher Nolan yang berlanjut ke The Dark Knight. Dalam dua adegan berbeda, berturut-turut Bruce (Christian Bale) berhadapan dengan Ducard dan Joker, namun tidak mengeksekusi dua villain tersebut.

Di Batman Forever arahan Joel Schumacher, ketika Dick Grayson akan membunuh Two-Face, Bruse memberikan peringatan kepadanya. Dalam versi animasi Batman: Under the Red Hood juga peraturan yang sama ditampilkan oleh Batman.

(aay/mau)